Sejarah Musik Klasik

Kompas.com - 24/01/2021, 18:07 WIB
Ilustrasi Musik Klasik. ThinkstockIlustrasi Musik Klasik.

KOMPAS.com - Banyak penelitian yang mengatakan jika musik klasik memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah meminimalisir penyakit hipertensi serta dapat menenangkan emosi.

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, istilah tentang musik klasik sebenarnya memiliki beberapa pemaknaan.

Misalnya ada anggapan jika musik klasik berasal dari zaman klasik, tepatnya dari Haydn, Mozart, serta Beethoven.

Sedangkan di China, timbul anggapan jika musik klasik mengacu pada jenis musik Cina Kuno sebelum dipengaruhi oleh seni barat.

Untuk negara Barat sendiri, banyak yang menganggap jika musik klasik merupakan istilah lain yang digunakan untuk menggambarkan seni musik yang berbeda dari seni musik populer serta musik rakyat.

Perjalanan musik klasik sangat panjang hingga akhirnya bisa dikenal oleh masyarakat dunia. Tahukah kamu bagaimana awal mula seni musik klasik?

Baca juga: Sejarah Lahirnya Musik Barat

Dilansir dari situs Kings-Music.co.uk, musik klasik sudah ada sejak akhir abad ke-10 dan masih eksis hingga saat ini.

Saat menelusuri sejarah musik klasik sebenarnya sama dengan menelusuri akar sejarah dalam musik liturgi Kristen, yang kemudian pada akhirnya juga dipengaruhi oleh musik Yunani Kuno.

Sejarah musik klasik dibagi menjadi tiga zaman, yakni Medieval serta Renaissance, Baroque, Klasik serta Romantis, dan Modern serta Kontemporer

Sekelompok pemusik dari era Renaisaance dalam lukisan The Concert (1623) karya Gerard van Honthorst Sekelompok pemusik dari era Renaisaance dalam lukisan The Concert (1623) karya Gerard van Honthorst
Medieval dan Renaissance

Pada era Medieval, sejarah musik klasik diawali dengan diperkenalkannya nyanyian monofonik atau plainsong.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X