Cara-Cara Menjaga Alam

Kompas.com - 20/01/2021, 19:12 WIB
Ilustrasi cara menjaga alam freepik.com/pch.vectorIlustrasi cara menjaga alam

KOMPAS.com - Kondisi Bumi semakin hari, semakin mengkhawatirkan. Mulai dari mencairnya es di Kutub, spesies terancam punah, hutan gundul, bencana alam, dan lainnya.

Sebagai manusia yang bertanggung jawab akan kelestarian alam, sudah sepatutnya menjaga alam lebih baik dari hari ke hari.

Menyadari bahwa peran manusia sangat penting untuk keberlangsungan alam sekitar. Berikut cara- cara menjaga alam:

Dilansir dari situs resmi World Wide Fund for Nature (WWF), produksi makanan adalah pendorong utama kepunahan satwa liar.

Apa yang kita konsumsi, menyumbang sekitar seperempat emisi gas rumah kaca dan bertanggung jawab atas hampir 60 persen hilangnya keanekaragaman hayati global.

Baca juga: Pentingnya Melestarikan Hewan dan Tumbuhan

Peternakan hewan untuk produksi daging dan susu membutuhkan ruang, serta air dan pakan dalam skala besar.

Salah satu penyebab hilangnya hutan adalah perluasan lahan pertanian untuk produksi pakan ternak.

Masyarakat dituntut untuk beralih dari pola makan yang didominasi daging, ke pola makan nabati yang tidak memberikan dampak besar pada alam.

Studi mengatakan bahwa mengonsumsi daging dan lebih banyak menghasilkan karbon dioksida, dibandingkan tanaman, seperti sayuran, biji-bijian, dankacang-kacangan.

  • Mengurangi sampah

Setiap produk yang dibeli selalu menggunakan kemasan yang akan berakhir di pembuangan sampak. Dampak pencemaran plastik di lautan, tentu memengaruhi kehidupan laut.

Baca juga: Usaha Masyarakat Untuk Menjaga dan Memelihara Sumber Daya Alam

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X