Ciri-ciri Pubertas pada Anak Laki-Laki

Kompas.com - 15/01/2021, 17:20 WIB
Ilustrasi Remaja Tidur/ Mimpi Basah Kompas.comIlustrasi Remaja Tidur/ Mimpi Basah

KOMPAS.com - Setiap anak akan bertumbuh dan beranjak dewasa. Masa ketika seorang anak mengalami perubahan fisik, pola pikir, dan pematangan alat reproduksi disebut masa pubertas atau yang dalam Bahasa Inggris disebut sebagai puberty.

Dalam situs Young Men's Health milik Boston Children’s Hospital dituliskan jika puberty atau pubertas adalah fase dimana seseorang akan mengalami perubahan menjadi lebih dewasa, entah dari fisik, sikap, emosi, cara berpikir atau lainnya.

Umumnya tahap pubertas manusia terjadi pada usia antara 8 hingga 15 tahun. Perempuan akan mengalami pubertas sekitar umur 8 hingga 13 tahun. Sedangkan untuk laki-laki akan mengalaminya di usia 10 hingga 15 tahun.

Masa pubertas laki-laki ditandai dengan diproduksinya sel sperma oleh organ kelamin laki-laki atau yang disebut sebagai testis.

Saat mengalami masa pubertas, laki-laki akan mengalami berbagai perubahan, mulai dari fisik hingga perilaku dan sikap.

Apa sajakah perubahan yang akan dialami laki-laki pada masa pubertasnya?

Baca juga: 7 Ciri-ciri Pubertas pada Laki-laki

Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut adalah penjelasan ciri-ciri pubertas pada laki-laki:

  • Mengalami mimpi basah

Mimpi basah adalah salah satu tanda seorang laki-laki telah memasuki masa pubertasnya. Hal ini menandakan jika sel sperma sudah mulai diproduksi dan telah berfungsi.

Dilansir dari situs Nemours KidsHealth, mimpi basah pada saat pubertas terjadi karena tubuh mulai memproduksi testosteron yang merupakan hormon milik laki-laki.

Mengalami mimpi basah merupakan hal yang wajar pada saat masa pubertas. Namun, biasanya seiring bertambahnya usia, laki-laki akan semakin jarang mengalami mimpi basah.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X