Kompas.com - 14/01/2021, 18:01 WIB
Ilustrasi panas di bawah terik matahari shutterstockIlustrasi panas di bawah terik matahari

KOMPAS.com - Dalam kehidupan sehari-hari kamu pasti sering mendengar suhu dan panas. Namun tahukah kamu apa pengertian dan perbedaan antara keduanya? Untuk mengetahuinya, marilah kita simak penjelasan berikut ini!

Dilansir dari Coolkidsfact, panas adalah salah satu bentuk energi. Sedangkan suhu adalah ukuran seberapa panas atau dinginnya sesuatu.

Panas bersifat kualitatif, terasa namun tidak dapat dihitung. Sedangkan suhu bersifat kuantitatif atau dapat dihitung.

Awalnya suhu tubuhmu adalah 36 derajat celcius dan tidak terasa panas saat disentuh. Kamu lalu bermain bola, berlarian kesana-kemari, dan mengelurkan keringat. Setelah selesai berolahraga, suhu tubuhmu naik menjadi 38 derajat celcius dan tubuhmu terasa panas.

Kenaikan suhu tubuh terjadi karena saat olahraga kamu banyak bergerak. Gerakan menghasilkan energi kinetik (energi gerak) yang menaikkan energi panas sehingga tubuhmu menjadi panas.

Kamu bisa mengetahui tubuhmu menjadi panas, tapi jika ingin mengetahui suhunya kamu harus menggunakan termometer.

Baca juga: Cara Sederhana Membuktikan Energi Panas

Ini sama seperti pada api. Kamu tahu bahwa api panas dan memiliki energi panas yang besar, namun kamu tidak tahu berapa suhunya.

Panas tidak bisa bernilai negatif, sedangkan suhu bisa bernilai negatif. Tahukah kamu berapa suhu di kutub selatan tempat tinggalnya penguin dan beruang kutub? Dilansir dari Time and Date, kutub selatan bersuhu -29 derajat celcius.

Namun panas di kutub selatan tidak akan pernah bernilai minus. Suhu dingin berarti hanya ada sedikit energi panas, sedangkan suhu tinggi berarti ada banyak energi panas. Sehingga es batu pun memiliki energi panas, berarti molekul dalam es bergerak dengan lambat.

Walau merupakan dua hal yang berbeda, suhu dan panas saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan. Jika ada satu benda dengan suhu tinggi dan benda dengan suhu rendah berdekatan, energi panas dari benda bersuhu tinggi akan mengalir ke benda bersuhu rendah.

Contohnya saat kopi panas diletakkan di atas meja. Panas dari kopi akan mengalir keluar dari kopi dan berpindah ke meja ataupun udara. Sehingga panas kopi perlahan-lahan hilang dan suhunya menjadi sama dengan ruangan tempat kopi tersebut disimpan.

Baca juga: Suhu dan Termometer: Arti dan Jenisnya


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X