4 Nama Tari dan Ceritanya

Kompas.com - 14/01/2021, 17:06 WIB
Pembukaan acara Food Festival Bukittinggi 2019 dengan Tari Piring. Kompas.com / Gabriella WijayaPembukaan acara Food Festival Bukittinggi 2019 dengan Tari Piring.

KOMPAS.com - Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki aneka macam karya seni, salah satunya seni tari.

Seni tari adalah hasil karya cipta manusia yang disampaikan melalui gerak yang indah. Seni tari di Indonesia menjadi kekayaan budaya yang dikagumi oleh seluruh dunia.

Masing-masing daerah memiliki keindahan dan khas tari yang berbeda-beda. Berikut beberapa tari tradisional dan ceritanya:

Tari Saman

Dalam buku Keanekaragaman Seni Tari Nusantara (2012) karya Resi Septiana Dewi, Tari Saman diciptakan oleh seorang Ualam Aceh bernama Syekh Saman sekitar abad ke-14 Masehi.

Awalnya, tarian ini hanyalah berupa permainan rakyat yang dinamakan Pok Ane, kemudian ditambahkan iringan syair yang berisi puji-pujian untuk Allah.

Baca juga: 65 Nama Tari di Indonesia dan Asal Daerahnya

Pada saat itu tari Saman menjadi salah satu media dakwah yang digunakan oleh para Kiai untuk menyebarkan agama Islam di Aceh.

Tari Saman pada awalnya ditampilkan untuk acara-acara tertentu, khususnya pada saat merayakan Hari Ulang Tahun Nabi Besar Muhammad SAW.

Namun, seiring perkembangan zaman, tarian ini digolongkan sebagai tari pertunjukkan, karena penampilan tari tidak terikat waktu, peristiwa, atau upacara tertentu.

Tari Saman ditampilkan pada setiap kesempatan yang bersifat keramaian dan kegembiraan.

Tari Piring

Tari Piring merupakan salah satu tari tradisioanl asal Minangkabau, Sumatera Barat. Tari ini identik dengan penari cantik yang menggunakan piring sebagai propertinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X