Kompas.com - 26/12/2020, 19:26 WIB
Sebuah percobaan sederhana untuk membuktikan adanya proses fotosintesis. KOMPAS.com/RIGEL RAIMARDASebuah percobaan sederhana untuk membuktikan adanya proses fotosintesis.
Daftar Isi
Buka

KOMPAS.com - Tahukah kamu bahwa reaksi fotosintesis terjadi dalam dua tahapan? tahapan pertama adalah reaksi terang dan yang kedua adalah reaksi gelap. Reaksi terang terjadi pada fotosistem I dan fotosistem II pada membran tilakoid.

Untuk mengetahui bagaimana reaksi terang fotosintesis dapat menghasilkan ATP dan NADPH, marilah kita simak penjelasan dibawah ini!

Soal dan Pembahasan

Jelaskan proses yang terjadi pada reaksi terang pada proses fotosintesis!

Jawaban:

Dilansir dari PEDIAA, reaksi terang dan reaksi gelap adalah dua jenis reaksi yang terjadi pada fotosintesis yang dibedakan berdasarkan kebutuhannya terhadap cahaya. Jadi, fotosintesis yang pertama berlangsung adalah reaksi gelap, setelahnya barulah reaksi terang.

Reaksi terang adalah reaksi awal fotosintesis yang sangat bergantung dengan keberadaan cahaya, reaksi terang terjadi dalam fotosistem pada membran tilakoid.

Ada dua fotosistem tempat terjadinya reaksi terang yaitu fotosistem I dan fotosistem II yang memiliki banyak pigmen pengumpul cahaya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Rekayasa Fotosintesis Bikin Tumbuhan Lebih Subur dan Jumlah Panen Naik


Sumber PEDIAA
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.