Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Proses yang Terjadi pada Reaksi Terang Fotosintesis

KOMPAS.com - Tahukah kamu bahwa reaksi fotosintesis terjadi dalam dua tahapan? tahapan pertama adalah reaksi terang dan yang kedua adalah reaksi gelap. Reaksi terang terjadi pada fotosistem I dan fotosistem II pada membran tilakoid.

Untuk mengetahui bagaimana reaksi terang fotosintesis dapat menghasilkan ATP dan NADPH, marilah kita simak penjelasan dibawah ini!

Soal dan Pembahasan

Jelaskan proses yang terjadi pada reaksi terang pada proses fotosintesis!

Jawaban:

Dilansir dari PEDIAA, reaksi terang dan reaksi gelap adalah dua jenis reaksi yang terjadi pada fotosintesis yang dibedakan berdasarkan kebutuhannya terhadap cahaya. Jadi, fotosintesis yang pertama berlangsung adalah reaksi gelap, setelahnya barulah reaksi terang.

Reaksi terang adalah reaksi awal fotosintesis yang sangat bergantung dengan keberadaan cahaya, reaksi terang terjadi dalam fotosistem pada membran tilakoid.

Ada dua fotosistem tempat terjadinya reaksi terang yaitu fotosistem I dan fotosistem II yang memiliki banyak pigmen pengumpul cahaya.

Elektron tersebut kemudian masuk kedalam fotosistem II menghasilkan oksigen dan H+ dan energi elektron meningkat lalu diteruskan ke rantai transport elektron.

Dari rantai transport elekron kemudian masuk ke fotosistem I dan mendorong ion H+ membentuk gradien.

Elektron yang masuk kedalam fotosistem I mereduksi NADP+ menjadi energi dalam bentuk NADPH.

Ion H+ terus mengalir menambah gradien dan mendorong pembentukan energi dalam bentuk ATP.

Setelah reaksi terang selesai, ATP dan NADPH hasil reaksi terang kemudian akan dijadikan sumber energi pada reaksi gelap fotosintesis.

https://www.kompas.com/skola/read/2020/12/26/192601469/proses-yang-terjadi-pada-reaksi-terang-fotosintesis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke