Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teori Pertumbuhan Ekonomi Walt W. Rostow

Kompas.com - Diperbarui 04/02/2022, 18:56 WIB
Cahya Dicky Pratama,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.comPertumbuhan ekonomi senantiasa dipelajari dan dikaji. Kajian-kajian ini kemudian menghasilkan teori tentang pertumbuhan ekonomi.

Teori pertumbuhan ekonomi berfungsi untuk menjelaskan mengenai faktor-faktor, mekanisme, dan prasyarat tercapainya pertumbuhan ekonomi.

Salah satu teori pertumbuhan ekonomi yang terkenal adalah teori yang dikemukakan oleh Walt W. Rostow.

Dilansir dari buku Ekonomi Pembangunan (2018) karya Christea Frisdiantara dan Imam Mukhlis, dijelaskan bahwa teori Walt W. Rostow membahas tentang tahap-tahap pertumbuhan ekonomi suatu negara. Ada lima tahap pertumbuhan ekonomi menurut Walt W. Rostow, yaitu:

Tahap masyarakat tradisional

Menurut Rostow, masyarakat tradisional merupakan masyarakat yang fungsi produksinya masih terbatas.

Hal tersebut ditandai dengan cara produksi yang masih primitif dan cara hidup masyarakat yang masih dipengaruhi oleh nilai-nilai tradisional (adat istiadat).

Baca juga: Teori Permintaan Uang Klasik

Tahap prasyarat untuk lepas landas

Tahap ini merupakan tahap transisi di mana masyarakat mulai untuk mempersiapkan diri agar mencapai pertumbuhan ekonomi dengan menggunakan kekuatan sendiri.

Satu hal yang perlu diingat, yaitu pertumbuhan ekonomi hanya akan tercapai apabila diikuti oleh perubahan-perubahan lain dalam masyarakat.

Perubahan-perubahan tersebut berupa kemampuan masyarakat untuk menggunakan ilmu pengetahuan modern dan membuat penemuan-penemuan baru yang bisa digunakan untuk menurunkan biaya produksi.

Tahap tinggal landas

Pada tahap ini, pertumbuhan ekonomi mulai terjadi. Sebuah pertumbuhan ekonomi harus terlihat dengan adanya suatu perubahan drastis dalam masyarakat.

Contohnya adalah adanya resolusi politik, terciptanya kemajuan yang pesat dalam inovasi, serta terbukanya pasar-pasar baru.

Baca juga: Teori Permintaan Uang Keynes

Dalam artikel jurnal Analisis Kausalitas Ekspor Non Migas dengan Pertumbuhan Ekonomi Menggunakan Metode Final Prediction Error (2003) karya Maulidyah Indira dan Dwi Murtiningsih, dijelaskan ciri-ciri negara yang sudah mencapai tahap tinggal landas menurut Rostow, yaitu:

  1. Terjadinya kenaikan investasi produktif dari 5 persen atau kurang menjadi 10 persen dari produk nasional bersih (Net National Product).
  2. Terjadinya perkembangan satu atau beberapa sektor industri dengan tingkat pertumbuhan yang sangat tinggi.
  3. Terbentuknya kerangka dasar politik, sosial, dan kelembagaan yang dapat menciptakan perkembangan sektor modern dan eksternalitas ekonomi sehingga dapat menyebabkan pertumbuhan ekonomi terus terjadi.

Tahap kedewasaan

Tahap kedewasaan adalah tahap di mana masyarakat sudah secara efektif menggunakan berbagai teknologi modern pada hampir seluruh sektor kegiatan produksi.

Baca juga: Modal: Defisini dan Jenis-Jenisnya

Tahap konsumsi tinggi

Tahap konsumsi tinggi merupakan tahap terakhir dari teori pertumbuhan ekonomi Walt W. Rostow. Pada tahap ini, masyarakat telah berkembang secara mandiri.

Selain itu, masyarakat juga mulai menekankan pada masalah-masalah yang berhubungan dengan konsumsi kesejahteraan, bukan lagi masalah produksi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com