Kompas.com - 19/11/2020, 17:16 WIB
Sebuah iliustrasi pewaris sifat genetika seorang perempuan dan laki-laki. ?????/669pic.comSebuah iliustrasi pewaris sifat genetika seorang perempuan dan laki-laki.

KOMPAS.com - Suatu rumah berisikan seorang ayah, ibu, nenek, kakek, dan dua orang anak. Semua yang ada didalam rumah walaupun memiliki urmur dan karakter yang berbeda, mereka tetap saling terikat.

Mereka semua memiliki keterkaitan satu sama lain yang disatukan dalam ikatan keluarga. Gen yang ada dalam dirimu juga memiliki keluarga.

Kromosom dapat diibaratkan sebagai rumah besar yang didalamnya berkumpul DNA yang sangat banyak. Namun tidak semua gen dalam kromosom tersebut bertautan.

Dilansir dari Learn Genetics, gen yang saling bertautan duduk pada lokus kromosom secara berdekatan.

Baca juga: Gen Misterius Ditemukan Tersembunyi dalam Virus Corona Covid-19

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Tautan gen

Pada gambar terlihat hanya gen yang berdekatanlah yang saling bertautan. Adapun gen yang berada dalam kromosom yang sama namun berjauhan, tidaklah saling bertautan.

Gen yang bertautan sangat sulit dilepaskan satu sama lain dan selalu bersamaan bahkan saat pewarisan sifat.

Tautan gen merupakan bentuk penyimpangan hukum II Mendel yang menyatakan bahwa gen yang berbeda tidak memengaruhi gen lainnya.

Pada gametogenesis atau pembentukan sel telur dan sperma, tautan gen cenderung tidak akan terpisah saat meiosis terjadi.

Baca juga: Gen dan Kromosom: Bagaimana Pewarisan Sifat Bekerja?


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.