Kompas.com - 18/11/2020, 15:45 WIB
Tangkapan layar ilustrasi mengumpang bola dengan kaki bagian luar pada permainan sepak bola kemdikbudTangkapan layar ilustrasi mengumpang bola dengan kaki bagian luar pada permainan sepak bola

KOMPAS.com - Siapa yang tidak mengenal permainan sepak bola? Permainan sepak bola bisa dimainkan oleh siapa saja tanpa terkecuali.

Mengutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sepak bola merupakan permainan beregu yang dimainkan oleh sebelas orang atau berbentuk kesebelasan, berlangsung selama 2 x 45 menit di lapangan dan menggunakan bola sepak.

Permainan sepak bola memang bisa dimainkan oleh siapa saja. Namun, butuh penguasaan teknik dan keterampilan yang baik.

Salah satu teknik dasar yang wajib dikuasai oleh para pesepak bola adalah keterampilan teknik mengumpan bola atau yang dalam Bahasa Inggris disebut sebagai passing.

Baca juga: Penanganan dan Pencegahan Kram Ketika Berenang

Lalu, bagaimana cara melakukan teknik mengumpan dalam sepak bola?

Dikutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), teknik mengumpan bola juga sering dikenal sebagai teknik mengoper bola.

Bagaimana cara melakukan teknik mengumpan atau mengoper bola dalam permainan sepak bola?

Berikut merupakam penjelasannya:

  • Mengoper bola dengan menggunakan kaki bagian dalam

Gerakan mengumpan bola atau passing dengan kaki bagian dalam, bisa dilakukan jika jarak antar pemain dekat.

Tujuan mengoper bola dengan menggunakan kaki bagian dalam adalah supaya arah bola dapat sampai kepada pemain yang ditargetkan.

Baca juga: Taktik dalam Permainan Sepak Bola

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X