Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proses Metabolisme Protein: Bagaimana Tubuh Mencerna Protein?

Kompas.com - 31/10/2020, 13:56 WIB
Silmi Nurul Utami,
Rigel Raimarda

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seperti yang kita ketahui bahwa protein ada yang dapat dibuat sendiri oleh tubuh, namun ada juga yang diperoleh dari luar.

Cara mendapatkan protein yang tidak diproduksi oleh tubuh adalah makan makanan yang mengandung protein. Bagaimanakan proses tubuh untuk mencerna protein dan apakah hasil akhirnya, simaklah penejalasan berikut:

Metabolisme Protein

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Metabolisme protein dalam tubuh Manusia

Makanan dengan protein akan dikunyah dan masuk kedalam perut yang mengandung asam klorida dan enzim pepsin. Dilansir dari Chemistry LibreTexts, dalam perut, protein yang masuk ke lambung oleh HCL akan diturunkan atau dinaikkan Ph nya menjadi 1,5-3,5.
 
Setelah penurunan Ph, enzim pepsin akan memecah molekul protein yang besar menjadi rantai polipeptida atau asam amino pembentuknya.
 

Dari lambung, protein akan masuk kedalam usus kecil yang memiliki hormon pencernaan sekretin dan CCK. Asam klorida dari lambung menyebabkan makanan bersifat asam, asam dapat menyebabkan usus kecil terluka.

Dilansir dari BCcampus Open Textbooks, oleh karena itu, sekretin dan CCK mendorong pankreas mensekresikan natrium bikarbonat untuk menetralkan sifat asamnya.

Proses pemecahan protein dalam usus kecil disebut dengan proteolysis. Proteolisis dimulai saat makanan masuk ke usus kecil dan menyentuh enterokinase yang menempel di dinding usus, kerja enterokinase seperti alarm bangun untuk para enzim.

Enterokinase membangunkan enzim tripsin yang tertidur dan mengaktifkannya. Enzim tripsin yang tertidur juga ikut membangunkan temannya, yaitu enzim kemotripsin.

Baca juga: Beda Fungsi Tepung Terigu Serbaguna, Protein Rendah, dan Protein Tinggi

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com