Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kandungan Gizi Jamur Pangan, dari Protein hingga Serat

Kompas.com - 15/10/2020, 11:01 WIB
Ellyvon Pranita,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jika Anda belum pernah memasukkan jamur pangan dalam menu harian, ini saat yang tepat untuk mulai mempertimbangkannya.

Sebab, berdasarkan penelitian, jamur pangan memiliki banyak sekali manfaat dan juga kaya gizi yang tidak kalah tinggi, dibandingkan dengan ragam jenis sayuran lainnya.

Peneliti Pusat Penelitian Biologi, Iwan Saskiawan menyampaikan bahwa jamur pangan bisa dijadikan alternatif oleh masyarakat Indonesia sebagai pangan bergizi dan terjangkau di tengah pandemi Covid-19 yang menurunkan daya beli akibat dampak ekonomi.

Baca juga: Ahli: Jamur Pangan Alternatif di Tengah Pandemi Ancam Ketahanan Pangan

Beberapa jenis jamur pangan yang bernilai ekonomi dan bergizi tinggi di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Jamur kancing

2. Jamur tiram

3. Jamur shitake

4. Jamur kuping

5. Jamur merang

6. Jamur taoge (enoki)

6 kandungan gizi jamur jamur pangan

1. Protein

Iwan menjelaskan, jamur pangan mengandung protein yang cukup tinggi. Tetapi memang lebih rendah jika dibandingkan dengan protein hewani.

Namun, jika dibandingkan hanya dari stuktur asam amino, ternyata jamur pangan mengandung sembilan asam amino esensial jenis dari 20 asam amino yang dikenal.

"Sehingga bisa dikatakan sejajar dari segi struktur asam aminonya atau komposisi asam aminonya," kata Iwan dalam diskusi daring bertajuk Jamur Pangan sebagai Sumber Protein Nabati di Masa Pandemi Covid-19, Rabu (7/10/2020).

2. High branched chain amino acid

Nilai gizi di jamur pangan juga mengandung high branched chain amino acid atau percabangan anak-anak rantai asam amino yang cukup tinggi.

"Ini sama seperti pada protein hewani," ujarnya.

3. Antioksidan

Seperti diketahui, antioksidan membantu memperlambat proses oksidasi, dan melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikat bebas.

Serta, dalam penelitian yang dilakukan Iwan, jika media tanam untuk jamur pangan tiram ditambahkan dengan senyawa Selenium, maka aktivitas antioksidan semakin meningkat.

4. Immunomodulator

Immunomodulator adalah zat yang dapat mempengaruhi dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Bahan pangan yang memiliki immunomodulator memang sangat dibutuhkan oleh kita untuk membantu tetap bertahan jika terinfeksi mikroorganisme jahat yang masuk ke dalam tubuh, termasuk virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.

Baca juga: Jadi Alternatif Ketahanan Pangan, Ini Media Tanam Terbaik Jamur Pangan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com