Fungsi, Sumber, dan Metabolisme Karbohidrat

Kompas.com - 28/10/2020, 18:12 WIB
Ringkasan metabolisme karbohidrat. education.med.nyu.eduRingkasan metabolisme karbohidrat.


KOMPAS.com - Kamu pasti telah sering mendengar dan bahkan memakan karbohidrat. Namun apakah karbohidrat itu sebenarnya? Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, karbohidrat adalah zat organic yang terdiri atas atom karbon, hidrogen, dan juga oksigen.

Jenis Karbohidrat

Dilansir dari Medicine LibreTexts, karbohidrat diklasifikasikan menjadi karbohidrat kompleks dan sederhana.

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Jenis-jenis karbohidrat

Karbohidrat sederhana hanya mengandung satu dan dua gula seperti monosakarida dan disakarida. Adapun karbohidrat kompleks memiliki tiga gula atau lebih seperti polisakarida.

Fungsi Karbohidrat

Dilansir dari Live Science, karbohidrat adalah salah satu makronutrien yang dibutuhkan manusia selain protein dan lemak. Makronutrien adalah nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah besar untuk dapat menghasilkan energi.

Baca juga: Anabolisme Karbohidrat: Fotosintesis dan Faktor yang Memengaruhinya

Energi tersebut digunakan sebagai bahan bakar organ tubuh untuk bekerja dan bergerak, juga sebagai sumber energi otak. Inilah mengapa kamu merasa sulit berpikir saat lapar, karena kamu belum mengonsumsi karbohdrat.

Sumber Karbohidrat

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Makanan sumber karbohidrat

Dilansir dari Harvard School of Public Health, karbohidrat yang bersumber dari sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, dan susu adalah karbohidrat sehat karena didapat secara alami.

Sedangkan roti, kue, soda, permen, dan sirup merupakan sumber karbohidrat tidak sehat karena telah diolah dengan berbagai bahan dan tidak memiliki banyak vitamin atau mineral.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X