Kompas.com - 23/10/2020, 17:57 WIB
Ilustrasi pembangunan infrastruktur Dmitrii Vaccinium/UnsplashIlustrasi pembangunan infrastruktur

KOMPAS.com - Bagi pembuat keputusan dan untuk mengatasi masalah sosial, ilmu sosiologi juga dapat diterapkan dalam perencanaan sosial dan pembangunan.

Peningkatan pemahaman terhadap ilmu sosiologi telah membuat manusia sadar bahwa perubahan sosial merupakan hasil perbuatan manusia.

Manusia secara individual dan koletif merupakan agen utama perubahan sosial. Karena perubahan sosial disebabkan oleh manusia, berarti perubahan dapat direncanakan.

Kesadaran bahwa perubahan dapat direncanakan, akhirnya membuat manusia menyusun sebuah perencanaan sosial.

Salah satu bentuk perencanaan sosial adalah program pembangunan. Dilansir dari buku Kamus Sosiologi (2012) karya Agung Tri Haryanto dan Eko Sujatmiko, pembangunan merupakan perubahan yang dilakukan secara terencana dan terarah.

Baca juga: Penerapan Ilmu Sosiologi untuk Mengatasi Masalah Sosial

Contoh pembangunan adalah pembangunan infrastruktur, pembangunan ekonomi, pembangunan, politik, dan lain-lain. Dalam proses pembangunan inilah ilmu sosiologi dapat diterapkan dan memiliki peranan yang cukup penting.

Tahapan pembangunan

Sebelum melakukan pembangunan ada tahapan-tahapan yang harus dilalui, di antaranya:

  • Tahap perencanaan

Tahap perancanaan dilakukan oleh Badan Perencana Pembangunan Nasional (Bappenas). Dalam tahap ini, ilmu sosiologi diperlukan sebab sebuah rencana yang baik harus dilengkapi data dan fakta sosial yang akurat.

Data yang dibutuhkan dalam sebuah perencaan pembangunan mencakup pola interaksi sosial, kelompok-kelompok sosial, lembaga sosial, stratifikasi sosial, dan kebudayaan.

Data-data tersebut perlu dikaji agar pembangunan bisa dilaksanakan secara maksimal dan konflik dengan masyarakat bisa dihindari selama pembangunan berlangsung.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.