Hubungan antar Pranata Sosial

Kompas.com - 16/10/2020, 19:01 WIB
Lembaga sosial merupakan lembaga yang dibentuk masyarakat untuk mengatur pemenuhan kebutuhan masyarakat agar tidak saling berlawanan. 
shutterstock.comLembaga sosial merupakan lembaga yang dibentuk masyarakat untuk mengatur pemenuhan kebutuhan masyarakat agar tidak saling berlawanan.

KOMPAS.com – Manusia pada dasarnya hidup dalam sebuah tatanan masyarakat yang memiliki berbagai aturan atau nilai.

Artinya, segala perilaku dan tindakan manusia telah diatur menurut cara-cara tertentu yang telah disepakati bersama. Aturan yang telah disepakati tersebut disebut sebagai pranata sosial.

Dalam buku Pengantar Ilmu Antropologi (1990) karya Koentjaraningrat, pranata sosial merupakan sistem tata kelakuan dan hubungan yang berpusat pada aktivitas-aktivitas untuk memenuhi kompleks-kompleks kebutuhan khusus dalam kehidupan masyarakat atau pola-pola resmi yang mengatur hubungan antar individu dalam masyarakat.

Pranata sosial sering disebut sebagai lembaga sosial. Contoh pranata sosial antara lain pranata keluarga, pendidikan, ekonomi, agama, dan politik.

Baca juga: Peran dan Fungsi Lembaga Agama

Dalam kehidupan bermasyarakat, sejatinya manusia memiliki kesempatan untuk berpindah dari satu pranata ke pranata lain. Kenyataan yang terjadi, tidak semua manusia memiliki kesempatan untuk berpindah pranata sosial.

Ada beberapa manusia yang menghabiskan waktunya hanya pada satu pranata sosial dalam kurun waktu yang panjang.

Apabila manusia memiliki kesempatan untuk berpindah pranata sosial, berarti terjadi hubungan yang saling mempengaruhi di antara pranata-pranata sosial yang ada dalam masyarakat.

Konsep

Hubungan antar pranata sosial tersebut dijelaskan dalam dua konsep, yaitu:

  • Pranata Total

Dilansir dari buku Kamus Sosiologi (2018) karya Agung Tri Haryanta dan Eko Sujatmiko, pranata total ditandai oleh bekerja, tidur, dan berekreasinya orang- orang tertentu di tempat yang sama dan bersama dengan orang yang sama pula.

Baca juga: Peran dan Fungsi Lembaga Politik

Pranata ini memisahkan pengikutnya dari kehidupan masyarakat pada umumnya. Artinya, pengikut dari pranata ini memiliki kendala untuk berpindah ke pranata lain dalam jangka waktu yang cukup lama.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X