Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal dan Jawaban Belajar TVRI 25 September 2020 SMA

Kompas.com - 25/09/2020, 09:00 WIB
Ari Welianto

Penulis

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah yang tayang di TVRI pada Jumat, 25 September 2020 untuk SMA membahas tentang Vokasi Kini: Masa Depan Dunia Film dan Penyiaran.

Dalam materi tersebut ada tiga pertanyaan. Berikut adalah rangkuman soal dan jawaban materi tersebut.

Soal 1: Dunia Film di Indonesia sedang berkembang pesat dengan produksi film yang terus meningkat. Apakah yang dapat kamu tangkap dari pesan tersebut? Langkah apa yang akan kamu lakukan berkaitan dengan profesi di dunia film?

Jawaban: Sekarang ini industri film Indonesia sedang berkembang pesat 4-5 tahun terakhir ini.

Baca juga: Soal dan Jawaban Belajar TVRI 25 September 2020 SD Kelas 1-3

Sehingga kebutuhan untuk bekerja di industri film semakin besar. Di mana setiap tahunnya produksi film bisa sampai 100 hingga 120 judul film.

Artinya banyak sekali kesempatan untuk bisa masuk ke dalam industri film. Bahkan sekarang kalau mau membuat produksi film sedang rebutan, karena jumlah produksi yang begitu banyak.

Soal 2: Apakah pengaruh profesi sutradara terhadap produksi sebuah film? Jelaskan pendapatmu.

Jawaban: Sutradara berpengaruh terhadap jalannya produksi sebuah film.

Terpenting dari seorang sutradara adalah memiliki konsep dan kreatif. Artinya apa yang bisa ditambahkan ke dalam ceritanya.

Apa yang menjadikan cerita itu penting dan mengapa harus diikuti. Jadi ada ciri khasnya tersendiri film yang diproduksi.

Baca juga: Bangun Datar Layang-layang, Jawaban Soal TVRI 25 September SD Kelas 4-6

Selain segala pengetahuan teknis yang dibutuhkan, tapi yang terpenting itu ketertarikan dengan hal-hal yang lain untuk menambahkan sesuatu kepada nilai.

Karena itu akan sangat banyak sekali mempengaruhi ke dalam bercerita melalui film, seperti tertarik di musik.

Tidak berhenti terus mencari minat dan bakat, itu sangat penting dan dibutuhkan. Karena menjadi sutradara tidak harus memiliki latar belakang sekolah di dunia film.

Soal 3: Film adalah kerja kolektif yang memiliki efek besar. Apa yang dapat dijabarkan dari pernyataan tersebut jika kalian terjun di industri perfilman?

Jawaban: Film itu kerja kolektif dan efeknya besar. Di mana film dikerjakan oleh seluruh tim semua bidang, tidak hanya sutradara, produser, atau kamerawan.

Baca juga: Menghitung Luas Trapesium, Jawaban Soal TVRI 25 September SD Kelas 4-5

Karena film adalah kerja kolektif maka ketika ada salah satu yang hilang atau tidak bisa bekerja dengan baik maka akan mempengaruhi semua.

Semua sama pentingnya, walaupun petugas yang membawakan atau menyiapkan makanan dan minuman. Mereka ada disitu semua karena menyukai film, sehingga bisa bekerja dengan keras. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com