Mengapa Semua Makhluk Hidup Perlu Air Bersih? Jawaban TVRI SMA 15 Juli

Kompas.com - 15/07/2020, 06:20 WIB
Tangakapan layar Youtube/Netflix Our PlanetTangakapan layar

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah TVRI kembali hadir menemani siswa-siswi untuk tetap belajar meski harus di rumah.

Pada Rabu, 15 Juli 2020 Belajar dari Rumah membahas Planet Kita: Air Tawar, untuk siswa SMA

Dalam tayangan tersebut, terdapat tiga pertanyaan. Berikut soal pertama dan jawabannya:

Soal: Mengapa semua makhluk hidup di bumi perlu air bersih?

Jawaban:

Semua makhluk hidup membutuhkan air untuk bertahan hidup, karena air bersih merupakan sumber penghidupan. Air bersih memiliki banyak manfaat, tidak hanya sebagai air minum melainkan sebagai habitat bagi beberapa hewan dan tentunya menjadi sumber energi bagi tumbuhan.

Selain tanaman yang dapat tumbuj dalam air, sekumlah besar ikan berenang dan hidup di air. Di satu sisi, beberapa ikan tersebut menjadi sumber makanan bagi binatang lain.

Salah satunya beruang cokelat, yang akan memakan ikan salmon yang melompat-lompat. Jika ikan salmon berkurang atau tidak ada beruang cokelat tidak bisa menambah persediaan lemak.

Lemak pada beruang cokelat diperlukan untuk bertahan hidup, melewati hibernasi musim dingin yang panjang.

Selain itu, air bersih juga menjadi satu-satunya tempat para binatang berkumpul. Baik predator maupun buruannya akan berkumpul di sumber air tawar.

Para binatang akan mendekati air untuk minum dan predator akan mudah menemukan sekawanan binatang yang menjadi buruannya.

Tanpa adanya air bersih atau air tawar maka tidak akan ada kehidupan di dunia ini.


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X