Kompas.com - Diperbarui 10/01/2022, 17:45 WIB

KOMPAS.comPenjernihan air merupakan sebuah proses untuk membuat air dapat digunakan untuk air minum, proses industri, medis, dan banyak lainnya. 

Dilansir dari situs National Science Foundation, tujuan dari penjernihan air adalah menghilangkan zat-zat pencemar yang ada di dalam air. Selain itu mengurangi kadar zat di dalam air agar air menjadi layak untuk penggunaan akhirnya. 

Penjernihan air sangat penting agar air bersih dan aman digunakan manusia. Selain untuk keperluan sehari-hari, air bersih digunakan juga untuk kebutuhan media, industri dan proses kimia. 

Proses penjernihan air bisa dilakukan dengan penyulingan canggih atau sederhana. Salah satu penjernikahan air juga bisa menggunakan biji kelor. 

Penjernihan air menggunakan biji kelor ini untuk menunjukkan bahwa air dapat dijernihkan secara kimia.

Baca juga: Contoh Aktivitas Manusia yang Menyebabkan Terjadinya Polusi Air

Penjernihan dengan biji kelor 

Bahan yang dibutuhkan:

  • Buah kelor
  • Pisau
  • Mortar dan alu, atau cobek dan ulekan
  • Sendok plastik
  • 2 gelas kimia ukuran 250 ml, satu berisi air kotor
  • Gelas plastik isi air bersih secukupnya

Langkah-langkah:

  • Belah buah kelor dengan pisau, keluarkan 4 bijinya lalu bersihkan

Langkah prosedur penjernihan air menggunakan biji kelor, belah buah kelor dengan pisau, keluarkan 4 bijinya lalu bersihkan.biji kelor Langkah prosedur penjernihan air menggunakan biji kelor, belah buah kelor dengan pisau, keluarkan 4 bijinya lalu bersihkan.

  • Masukkan biji kelor yang telah dibersihkan ke mortar, tumbuk sampai halus

Langkah prosedur penjernihan air menggunakan biji kelor, masukkan biji kelor yang telah dibersihkan ke mortar, tumbuk sampai halusTelevisi Edukasi Langkah prosedur penjernihan air menggunakan biji kelor, masukkan biji kelor yang telah dibersihkan ke mortar, tumbuk sampai halus

  • Beri air sampai biji kelor menjadi pasta. Campurkan pasta kelor ke dalam air kotor.

Langkah prosedur penjernihan air menggunakan biji kelor. Beri air sampai biji kelor menjadi pasta. Campurkan pasta kelor ke dalam air kotor.Televisi Edukasi Langkah prosedur penjernihan air menggunakan biji kelor. Beri air sampai biji kelor menjadi pasta. Campurkan pasta kelor ke dalam air kotor.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.