Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upaya Menjaga Kesehatan Sistem Gerak pada Manusia

Kompas.com - 08/07/2020, 20:30 WIB
Arum Sutrisni Putri

Penulis

Sumber Kemdikbud

KOMPAS.com - Upaya menjaga kesehatan sistem gerak pada manusia diperlukan untuk mengantisipasi gangguan atau kelainan yang terjadi pada sistem gerak.

Mengutip Kemdikbud RI, beberapa cara yang dapat dilakukan sebagai upaya menjaga kesehatan sistem gerak manusia adalah:

  • Meningkatkan kandungan kalsium dalam asupan makanan;

Makanan yang banyak mengandung kalsium antara lain adalah susu, kangkung, kedelai dan olahannya, ikan salmon, kacang almond, dan brokoli.

  • Berjemur pada sinar matahari pagi.

Sinar matahari pagi sangat baik bagi kesehatan sistem gerak. Karena sinar matahari pagi membantu pembentukan vitamin D yang sangat penting dalam membantu penyerapan kalsium dalam makanan.

  • Memerhatikan asupan vitamin D;

Memerhatikan asupan vitamin D dengan makan makanan yang mengandung vitamin D. Makanan yang mengandung vitamin D antara lain telur, produk olahan dari kedelai, minyak ikan, ikan berlemak, hati sapi, dan udang.

  • Memerhatikan aktivitas fisik yang cukup setiap hari;

Melakukan aktivitas fisik cukup setiap hari sebagai upaya menjaga kesehatan sistem gerak manusia. Aktivitas fisik dapat membantu terbentuknya tulang yang kuat dan memperlambat proses kerapuhan tulang pada tubuh.

Aktivitas fisik antara lain jalan kaki, jogging, naik turun tangga, dan lain-lain.

  • Menghindari kebiasaan sikap tubuh yang salah.

Contoh menghindari kebiasaan sikap tubuh yang salah adalah dengan cara duduk yang benar. Cara duduk benar adalah tulang belakang harus dalam posisi tegak (tidak membungkuk). Saat tidur sebaiknya memakai alas yang datar dan padat agar posisi tulang belakang tetap lurus.

Baca juga: Gangguan pada Sistem Gerak Manusia: Jenis dan Penyebabnya

Gangguan dan kelainan pada sistem gerak manusia

Upaya menjaga kesehatan sistem gerak pada manusia penting dilakukan untuk mencegah gangguan dan kelainan yang sering terjadi pada sistem gerak manusia.

Beberapa jenis gangguan dan kelainan pada sistem gerak manusia antara lain:

Riketsia

Penyebab riketsia adalah kekurangan vitamin D yang membantu penyerapan kalsium dan fosfor, akibatnya proses pengerasan tulang terganggu. Riketsia menyebabkan tulang kaki tumbuh membengkok. Penyakit riketsia terjadi pada anak-anak.

Osteoporosis

Osteoporosis terjadi karena kekurangan kalsium. Tulang kekurangan mineral akan menjadi rapuh dan mudah patah. Umumnya terjadi pada orang dewasa dan orang tua.

Artritis

Penyebab artritis adalah metabolisme asam urat terganggu, sehingga asam urat tertimbun pada sendi yang berakibat sakit terutama pada jari-jari tangan dan kaki, penumpukan kapur di antara dua tulang mengakibatkan sendi sulit digerakkan dan kaku.

Penderita artritis mempunyai tulang rawan sendi yang rusak. Akibatnya sendi menjadi sakit dan bengkok bahkan tidak dapat digerakkan. Beberapa bentuk artritis adalah rematik.

Baca juga: Bagian dan Jenis Tulang Manusia

Fraktura (patah tulang)

Meski struktur tulang kuat dan lentur, tetapi bisa terjadi patah tulang atau fraktura. Penyebab patah tulang adalah benturan keras saat kecelakaan, jatuh dari tempat tinggi dan lain-lain.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com