Upaya Menjaga Kesehatan Sistem Gerak pada Manusia

Kompas.com - 08/07/2020, 20:30 WIB
Ilustrasi. FREEPIK/COLORFUELSTUDIOIlustrasi.

KOMPAS.com - Upaya menjaga kesehatan sistem gerak pada manusia diperlukan untuk mengantisipasi gangguan atau kelainan yang terjadi pada sistem gerak.

Upaya menjaga kesehatan sistem gerak pada manusia

Mengutip Kemdikbud RI, beberapa cara yang dapat dilakukan sebagai upaya menjaga kesehatan sistem gerak manusia adalah:

  • Meningkatkan kandungan kalsium dalam asupan makanan;

Makanan yang banyak mengandung kalsium antara lain adalah susu, kangkung, kedelai dan olahannya, ikan salmon, kacang almond, dan brokoli.

  • Berjemur pada sinar matahari pagi.

Sinar matahari pagi sangat baik bagi kesehatan sistem gerak. Karena sinar matahari pagi membantu pembentukan vitamin D yang sangat penting dalam membantu penyerapan kalsium dalam makanan.

  • Memerhatikan asupan vitamin D;

Memerhatikan asupan vitamin D dengan makan makanan yang mengandung vitamin D. Makanan yang mengandung vitamin D antara lain telur, produk olahan dari kedelai, minyak ikan, ikan berlemak, hati sapi, dan udang.

  • Memerhatikan aktivitas fisik yang cukup setiap hari;

Melakukan aktivitas fisik cukup setiap hari sebagai upaya menjaga kesehatan sistem gerak manusia. Aktivitas fisik dapat membantu terbentuknya tulang yang kuat dan memperlambat proses kerapuhan tulang pada tubuh.

Aktivitas fisik antara lain jalan kaki, jogging, naik turun tangga, dan lain-lain.

  • Menghindari kebiasaan sikap tubuh yang salah.

Contoh menghindari kebiasaan sikap tubuh yang salah adalah dengan cara duduk yang benar. Cara duduk benar adalah tulang belakang harus dalam posisi tegak (tidak membungkuk). Saat tidur sebaiknya memakai alas yang datar dan padat agar posisi tulang belakang tetap lurus.

Baca juga: Gangguan pada Sistem Gerak Manusia: Jenis dan Penyebabnya

Gangguan dan kelainan pada sistem gerak manusia

Upaya menjaga kesehatan sistem gerak pada manusia penting dilakukan untuk mencegah gangguan dan kelainan yang sering terjadi pada sistem gerak manusia.

Beberapa jenis gangguan dan kelainan pada sistem gerak manusia antara lain:

Halaman:

Sumber Kemdikbud
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X