Gangguan-gangguan pada Kulit

Kompas.com - 08/04/2020, 13:00 WIB
Ilustrasi Thinkstock.comIlustrasi

KOMPAS.com - Keberadaan kulit bagi tubuh untuk menjaga kondis tubuh tetap stabil. Selain itu, kulit juga berfungsi untuk mengeluarkan segala macam kotoran dan zat sisa dalam tubuh, seperti keringat.

Kulit menjadi bagian terluar dari tubuh yang melapisi tubuh manusia. Perawatan pada kulit harus tetap dilakukan. Hal ini untuk menjaga kesehatan kulit dan memaksimalkan kinerjanya.

Dilansir dari Halodoc, banyak orang menganggap enteng perawatan kulit pada tubuh. Jika kulit sudah terkena penyakit dan menyebar, kondisi tersebut bisa lebih parah.

Berikut beberapa penyakit kulit yang perlu diwaspadai:

  • Bisul

Bisul ditandai dengan benjolan yang muncul dari dalam kulit dan disertai rasa nyeri, bewarna kemerahan, dan berisi nanah.

Bisul dapat muncul karena infeksi bakteri pada kulit, sehingga bakteri masuk ke pori-pori kulit dan menginfekai akar rambut.

Baca juga: Hand Sanitizer PH 2,5, Amankah untuk Kulit?

  • Herpes simplex virus

Herpes simplex ditandai dengan lepuhan atau luka yang terasa sakit pada bagian mulut atau bibir.

Pada dasarnya, penyakit herpes ini lebih sering dialami anak-anak dibandingkan orang dewasa. Selain itu herpes ini dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu dua sampai tiga hari.

Gejala herpes simplex yang lainnya, seperti pusing, mual, dan gejala lain mirip penyakit flu.

Pada kasus herpes yang lebih parah, gejala tersebut ditandai dengan kesulitan menelan dan pembengkakan kelenjar getah bening di beberapa area tubuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber Halodoc
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X