Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perbedaan Matahari dan Bulan

KOMPAS.com – Matahari dan bulan merupakan dua benda angkasa yang terlihat secara jelas dari bumi. Namun, tahukah kamu apa perbedaan matahari dan bulan? Berikut adalah penjelasan perbedaan matahari dan bulan!

Ukuran

Bulan dan matahari di langit terlihat memiliki ukuran yang hampir sama. Namun, faktanya matahari jauh lebih besar.

Dilansir dari Universe Today, matahari berukuran sekitar 1,4 juta kilometer, sedangkan bulan hanya berukuran sekitar 3.474 kilometer.

Artinya, ukuran matahari sektar 400 kali lebih besar daripada ukuran bulan.

Jarak ke bumi

Perbedaan matahari dan bulan selanjutnya terletak pada jaraknya ke bumi. Rata-rata jarak matahari ke bumi adalah sekitar 150 juta kilometer.

Sedangkan, rata-rata jarak bulan ke bumi adalah sekitar 384.403 kilometer. Artinya, bulan berada sekitar 400 kali lebih dekat ke bumi daripada matahari.

Posisi bulan yang lebih dekat ke bumi inilah yang membuat bulan dan matahari terlihat memiliki ukuran yang hampir sama di langit bumi.

Cahaya

Perbedaan matahari dan bulan adalah cahayanya. Matahari adalah satu-satunya objek di tata surya yang memancarkan cahaya dan panas hasil fusi nuklir dalam intinya.

Sedangkan, bulan tidak bisa memancarkan cahayanya sendiri. Bulan terlihat terang di langit malam karena bulan memantulkan cahaya matahari.

Jenis

Matahari dan bula adalah dua benda angkasa yang berbeda jenisnya. Dilansir dari NASA Solar System Exploration, matahari adalah bintang katai kuning berupa bola hidrogen dan helium yang bersinar panas.

Artinya, matahari adalah bintang berupa bola gas yang tidak memiliki permukaan padat.

Sedangkan, bulan adalah satelit bumi berupa benda padat yang terbentuk dari magnesium, besi, alumunium, kalsium, oksigen, belerang, nikel, dan besi. Artinya, bulan memiliki permukaan yang padat.

Bulan mengelilingi matahari, sedangkan matahari tidak mengelilingi bulan

Bulan adalah satelit alami bumi yang mengelilingi bumi. Sembari mengelilingi bumi, bulan juga turut mengelilingi matahari.

Sedangkan, makatahari adalah pusat tata surya yang tidak mengelilingi bulan atau bumi. Namun, matahari berotasi terhadap dirinya sendiri.

Suhu

Perbedaan matahari dan bulan selanjutnya terletak pada suhunya.

Dilansir dari Cool Cosmos, permukaan bulan memiliki suhu bervariasi sekitar -183 derajat celcius hingga 106 derajat celcius.

Sedangkan, matahari memiliki suhu yang jauh lebih tinggi daripada bulan. Pada atmosfernya, suhu matahari sekitar 5.500 derajat celcius. Namun pada intinya, suhu matahari dapat mencapai sekitar 15 juta derajat celcius.

https://www.kompas.com/skola/read/2022/09/25/103000169/perbedaan-matahari-dan-bulan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke