Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pengertian Agrowisata, Manfaat, dan Prinsipnya

KOMPAS.com - Agrowisata berasal dari bahasa Inggris yaitu agrotourism, di mana agro berarti pertanian dan tourism artinya wisata. Sehingga agrotourism perpaduan antara pariwisata dan pertanian. 

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, agrowisata diartikan sebagai wisata yang sasarannya adalah pertanian (perkebunan, kehutanan, dan lain sebagainya). 

Sedangkan dalam Surat Keputusan Bersama Menteri Pertanian dan Menteri Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi Nomor 204/KPTS/HK/050/4/1989 dan Nomor KM. 47/PW.DOW/MPPT/89 tentang Koordinasi Pengembangan Wisata Agro, pengertian agrowisata adalah: 

Sebagai bentuk kegiatan pariwisata yang memanfaatkan usaha agro sebagai obyek wisata dengan tujuan untuk memperluas pengetahuan, pengalaman rekreasi dan hubungan usaha di bidang pertanian. 

Agrowisata juga dapat didefinisikan sebagai upaya dalam rangka menciptakan produk wisata baru. 

Kegiatan agrowisata merupakan kegiatan pengembangan wisata yang berkaitan dengan kegiatan pedesaan dan pertanian untuk meningkatkan nilai tambah kegiatan pertanian dan kesejahteraan desa. 

Manfaat agrowisata

Agrowisata memberikan beberapa manfaat, seperti: 

Prinsip-prinsip agrowisata

Dilansir dari Kebijakan dan Strategi Pemerintah Daerah Bali dalam Pembangunan Pariwisata (2002) oleh I Gede Pitana, ada beberapa prinsip yang harus diperhatikan dalam agrowisata, di antaranya:

https://www.kompas.com/skola/read/2022/07/07/170000069/pengertian-agrowisata-manfaat-dan-prinsipnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke