Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Syarat-Syarat Pembuatan Peta

Oleh: Bonardo Lumbanraja, Guru UPTD SMPN 1 Lima Puluh, Batubara, Sumatera Utara

KOMPAS.com - Peta merupakan alat bantu atau media yang sangat penting dalam mempelajari geografi.

Melalui peta, kita akan mampu membayangkan keadaan alam dan sosial suatu daerah tertentu, meskipun belum pernah mengunjunginya.

Oleh karena itu, peta harus dapat mempermudah pemahaman tentang gejala atau fenomena yang sedang diamati.

Agar peta dapat mudah dibaca dan dipahami oleh orang yang sedang menggunakannya, harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:

Unsur-unsur peta

Untuk memenuhi persyaratan tersebut, peta hendaknya dilengkapi dengan unsur-unsur peta, antara lain judul peta, skala, garis astronomis, peta inset, legenda, lembaga pembuatan dan tanda orientasi.

Berikut penjelasannya: 

Judul peta harus mencerminkan isi pokok peta tersebut. Misalnya, Peta Tata Guna Lahan Kabupaten Batu Bara.

Skala peta adalah angka yang menunjukkan perbandingan antara jarak datar pada peta dan jarak sebenarnya di permukaan bumi. Pada umumnya, skala peta dibedakan atas 3 jenis yaitu :

Tanda orientasi atau arah mata angin biasanya berupa tanda panah yang menunjuk arah utara. Tanda arah atau mata angin diletakkan ditempat yang kosong dan tidak mengganggu bagian peta lainnya.

Garis astronomis

Garis astronomis adalah garis yang menunjukkan koordinat garis lintang dan garis bujur. Garis lintang adalah garis-garis khayal yang melintang diatas permukaan bumi dari arah barat ke timur sejajar dengan garis khatulistiwa.

Garis bujur adalah garis-garis khayal vertikal yang membagi bola bumi menjadi belahan barat dan belahan timur. Garis lintang dinamakan pula garis paralel, sedangkan garis bujur dinamakan garis meridian.

Peta inset

Peta inset adalah peta yang berukuran kecil yang disisipkan pada peta utama. Pada umumnya, peta inset diletakkan dibagian sisi kiri, sisi kanan, atau dibawah peta dalam garis tepi.

Lembaga pembuat dan tahun pembuatan

Tahun pembuatan peta serta instansi atau lembaga yang membuat peta merupakan kelengkapan cukup penting untuk dicantumkan pada sebuah peta.

Tahun pembuatan peta sangat dibutuhkan terutama bagi peta yang menyajikan data yang berubah, seperti jumlah dan persebaran penduduk dan produksi pertanian.

Adapun lembaga pembuatan peta diperlukan untuk mengetahui sumber peta tersebut diperoleh. Salah satu lembaga yang membuat peta di indonesia adalah Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal)

Simbol adalah tanda-tanda khusus dalam peta, baik berupa simbol titik, simbol garis dan simbol wilayah.

https://www.kompas.com/skola/read/2022/02/25/090000269/syarat-syarat-pembuatan-peta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke