Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa itu Faktorial dalam Matematika?

Untuk mengetahui pengertian dari faktorial dan juga rumus menghitungnya, simaklah penjelasan di bawah ini!

Pengertian faktorial

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, faktorial adalah produk dari semua bilangan bulat positif kurang dari atau sama dengan bilangan bulat positif yang dilambangkan tanda seru. Tanda seru (!) merupakan tanda faktorial dari suatu bilangan.

Misalnya, faktorial bilangan empat dituliskan dengan 4!. Nilai 4! Adalah hasil kali semua bilangan bulat positif di bawah 4:

4! = 4 x 3 x 2 x 1 = 24

Didapatkan bahwa nilai faktorial 4 adalah 24. Sehingga, secara sederhana faktorial adalah hasil kali semua bilangan bulat yang ada dibawah bilangan faktorial dengan bilangan itu sendiri.

Rumus faktorial

Dilansir dari Math is Fun, faktorial dari suatu bilangan adalah bilangan itu sendiri dikalikan dengan bilangan itu dikurangi dengan satu. Maka, rumus faktorial didapatkan sebagai berikut:

n! = n x (n-1)!

Dengan,
n = bilangan bulat (1, 2, 3, 4, … )

Rumus tersebut dapat digunakan untuk mencari nilai faktorial berbagai bilangan, misalnya:

0! = 1
1! = 1
2! = 2 x 1 = 2
3! = 3 x 2 x 1 = 6
4! = 4 x 3 x 2 x 1 = 24

Faktorial nol

Mengapa faktorial nol sama dengan satu? Hal tersebut dikarenakan pola bilangannya. Misalnya, pola mundur dari 4! Ke 0! Sebagai berikut:

Dari gambar terlihat pola mundur faktorial. Hasil 4! Adalah 24 yang jika dibagi 3 maka menghasilkan 6 atau hasil faktorial 3!. Hasil 3! dibagi 3 menghasil 2 atau nilai 2!, 2 kemudian dibagi lagi menjadi 2 dan menghasilkan nilai 1!.

1! kemudian dibagi oleh 1 dan menghasilkan 1 yang merupakan nilai 0!. Sehingga nilai 1! Dan nilai 0! Adalah sama, yaitu 1.

Faktorial bilangan negatif

Jika nilai faktorial 0 adalah faktorial 1 dibagi dengan 1 (1!/1), maka nilai faktorial -1 adalah faktorial 0 dibagi dengan 0:

-1! = 0! : 0 = 1 : 0 = tidak terdefinisi

Dilansir dari Cuemath, hal tersebut membuat faktorial bilangan bulat negatif tifak terdefinisi. Sehingga, semua hasil faktorial bilangan negatif (berapapun bilangannya dari -1 sampai – tak terhingga) adalah tidak terdefinisi.

https://www.kompas.com/skola/read/2022/01/11/113136469/apa-itu-faktorial-dalam-matematika

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke