Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Contoh Rencana untuk Memanfaatkan Keberagaman Antarwarga Sekolah

KOMPAS.com - Keberagaman dapat ditemui di lingkungan sekitar kita, termasuk lingkungan sekolah. Keberagaman mempunyai sejumlah manfaat. Salah satunya menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan.

Menurut Yulianti dan Dinie Anggraeni Dewi dalam jurnal Penanaman Nilai Toleransi dan Keberagaman Suku Bangsa Siswa Sekolah Dasar melalui Pendidikan Kewarganegaraan (2021), keberagaman adalah kondisi kelompok masyarakat yang memiliki perbedaan suku, agama, ras, serta antargolongan.

Dalam kehidupan manusia, keberagaman merupakan kekayaan dan keindahan yang harus dijaga serta dirawat keberlangsungannya.

Dikutip dari buku Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran: Disesuaikan dengan Kurikulum 2013 Edisi Kedua (2013) karya Muhammad Yaumi, keberagaman harus dijunjung tinggi dan persatuan harus ditingkatkan. Karena keberagaman dapat membuat kelompok masyarakat menjadi jauh lebih kuat.

Contoh memanfaatkan keberagaman

Ada banyak manfaat keberagaman di lingkungan sekolah, yakni menumbuhkan persatuan dan kesatuan, menumbuhkan sikap toleransi, belajar menghormati dan menghargai antarwarga sekolah, serta belajar mengutamakan kepentingan bersama.

Berikut contoh rencana untuk memanfaatkan keberagaman antarwarga sekolah untuk masa yang akan datang, yaitu:

Contoh 1:

Agar bisa memanfaatkan keberagaman antar warga sekolah, saya akan berusaha untuk lebih menghormati dan menghargai orang lain di lingkungan sekolah, seperti guru, teman, dan karyawan. Saya mau berteman dengan siapa saja tanpa harus melihat perbedaan agama, suku, ras, maupun keadaan ekonomi. Saya akan menghormati serta bersikap sopan kepada guru dan karyawan.

Contoh 2:

Agar bisa memanfaatkan keberagaman antar warga sekolah, saya akan berusaha melatih sikap toleransi terhadap teman. Caranya dengan menghormati dan menghargai kebudayaan, agama, dan bahasa daerah. Contohnya saya akan menghormati teman yang sedang beribadah atau menjalankan kewajiban agamanya.

https://www.kompas.com/skola/read/2021/10/18/150000869/contoh-rencana-untuk-memanfaatkan-keberagaman-antarwarga-sekolah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke