Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Akibat pada Laut jika Semua Nelayan Menggunakan Perahu Besar dan Alat Modern

KOMPAS.com - Penggunaan perahu besar dan alat modern untuk menangkap ikan dapat membawa akibat atau dampak buruk bagi ekosistem laut. Penggunaan secara berlebihan bisa mengakibatkan kerusakan lingkungan perairan.

Dikutip dari jurnal Perkembangan Teknologi Alat Tangkap Ikan Nelayan di Desa Kedungrejo Kecamatan Mundar Kabupaten Banyuwangi Tahun 2001-2013 (2021) karya Alfatah Yusron Azis, peralatan modern, seperti perahu besar, kapal motor, serta alat tangkap ikan modern, merupakan alat yang sering digunakan oleh nelayan modern.

Peralatan tersebut digunakan untuk meningkatkan hasil tangkapan ikan. Karena dengan menggunakannya, nelayan akan lebih mudah mencari serta menangkap ikan.

Akibat nelayan menggunakakn perahu besar

Menurut Ermayanti, dkk dalam Teknologi Penangkapan Ikan pada Masyarakat Nelayan di Nagari Pasar Lama Air Haji, Kecamatan Linggosari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan (2015), perahu besar adalah perahu yang berukuran minimal 11 meter dan memiliki ukuran mesin besar.

Alat modern yang sering digunakan nelayan untuk menangkap ikan, terkadang sifatnya merusak lingkungan atau ekosistem laut. Contohnya alat peledak, alat setrum, atau sejenisnya.

Apa yang akan terjadi dengan laut jika semua nelayan menggunakan perahu besar dan perlengkapan modern?

Apabila nelayan menggunakan perahu besar dan perlengkapan modern secara terus menerus, hal ini mengakibatkan ekosisetem laut menjadi rusak.

Dengan menggunakan perlengkapan modern yang dianggap lebih cepat dan ampuh, nelayan tidak akan mengetahui jika ternyata ada ikan kecil yang ikut tertangkap.

Contohnya penggunaan alat peledak yang menyebabkan hewan laut mati dan terumbu karang menjadi rusak.

Selain merusak ekosistem laut, penggunaan perahu besar dan perlengkapan modern juga dapat menurunkan jumlah ikan. Karena seharusnya ikan kecil yang dapat tumbuh dan berkembang biak menjadi mati dan ditangkap oleh nelayan.

https://www.kompas.com/skola/read/2021/10/06/150000269/akibat-pada-laut-jika-semua-nelayan-menggunakan-perahu-besar-dan-alat

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke