Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gejala Listrik Dinamis

Statis berarti diam, seperti saat kamu hanya duduk di atas kursi tanpa melakukan apapun namun sebenarnya kamu punya potensi untuk dapat bergerak. Sehingga listrik statis adalah energi listrik yang muatannya diam pada suatu benda.

Adapun dinamis berarti bergerak, seperti dirimu yang berlari-lari tidak mau diam. Maka, listrik dinamis adalah listrik yang muatannya bergerak.

Dilansir dari Circuit Globe, listrik dinamis adalah elektron yang bergerak secara searah maupun bolak-balik dalam suatu konduktor atau yang biasa disebut dengan aliran listrik.

Listrik dinamis adalah kumpulan elektron yang terus-menerus mengalir dari suatu titik ke titik lainnya. Aliran listrik tersebut mirip dengan aliran sungai yang mengalir sehingga listrik dinamis disebut dengan arus listrik.

Untuk lebih memahami tentang listrik dinamis, yuk kita simak contoh gejala listrik dinamis yang sering terjadi pada kehidupan sehari-hari.

  • Penggunaan Baterai

Baterai menyuplai aliran listrik pada alat elektronika, memungkinkannya untuk hidup dan berkerja. Contohnya adalah baterai ponsel yang menjaga ponsel pintarmu tetap menyala, baterai accu yang membuat mobil dan motor dapat menyala, baterai laptop, baterai senter, baterai walkie-talkie, dan baterai alat elektronik lainnya.

  • Penggunaan Listrik Bolak-Balik

Listrik bolak-balik adalah listrik yang berjalan dua arah tanpa memiliki kutub negatif maupun positif. Jika baterai adalah listrik saearah karena saat memasang baterai kamu harus melihat negatif dan positifnya, barulah baterai bisa digunakan.

Sedangkan listrik bolak-balik tidak memiliki kutub negatif dan positif, misalnya listrik PLN. Kamu hanya tinggal mencolokkan kabel ke terminal, lalu listrik langsung mengalir.

Contoh gejala listrk dnamisnya adalah saat mengisi daya ponsel, menyalakan lampu, menyalakan computer, menyalakan kulkas, menyalakan microwave, dan menyalakan pompa air.

Semua hal yang dinyalakan dengan cara mencolokkan kabel pada sumber listrik adalah contoh dari gejla listrik dinamis.

  • Rangkaian Listrik

Rangkaian listrik dalam setiap alat elektronik juga merupakan gejala listrik dinamis. Saat dicolokkan pada sumber listrik PLN, listrik akan masuk dan arusnya mengalir pada rangkaian listrik di dalam alat elektronik.

  • Tersetrum

Siapakah di sini yang pernah tersetrum arus listrik? Peristiwa tersetrum adalah gejala listrik dinamis. Dimana elektron mengalir dari sumber listrik ke tubuh kita yang merupakan konduktor memberikan rasa kejut dan sakit pada tubuh.

https://www.kompas.com/skola/read/2021/03/07/140700869/gejala-listrik-dinamis

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke