Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Politik Arab Spring di Timur Tengah (2011)

KOMPAS.com - Arab Spring merupakan sebuah istilah politik yang menggambarkan gelombang gerakan revolusioner di sejumlah negara Timur Tengah pada sekitar tahun 2011.

Rakyat Arab sendiri menyebut Arab Spring sebagai al-Tsaurat al-Arabiyah, yaitu revolusi yang akan mengubah tatanan masyarakat dan pemerintahan Arab menuju ke arah ideal.

Dalam jurnal Agama dan Demokrasi: Munculnya Kekuatan Politik Islam di Tunisia, Mesir dan Libya (2014) karya Muhammad Fakhry Ghafur, kemunculan fenomena Arab Spring disebabkan oleh krisis politik,ekonomi dan pemerintahan di beberapa negara Timur Tengah.

Faktor-faktor yang menjadi latar belakang Arab Spring, yakni: 

Secara umum, gelombang revolusi Arab Spring bertujuan untuk meruntuhkan rezim yang otoriter dan ketidakadlilan di beberapa negara Timur Tengah.

Selain itu, masyarakat Arab juga berkeinginan untuk menerapkan sistem demokrasi di Timur Tengah.

Terjadinya Arab Spring 

Peristiwa Arab Spring berawal dari Revolusi Melati di Tunisia pada akhir tahun 2011.
Dalam Revolusi Melati, muncul aksi self immolation (bakar diri) seorang pemuda Tunisia bernama Muhammad Bouazizi.

Aksi tersebut merupakan bentuk ekspresi keputusasaan Bouzizi atas sikap represif dan ketidakadilan dari rezim Zainal Abidin Ben Ali.

Aksi bakar diri di Tunisia menarik banyak perhatian dari negara-negara Timur Tengah dan Internasional. Pada tahun 2011, aksi bakar diri mulai digunakan sebagai bentuk protes terhadap rezim otoriter di Mesir, Aljazair, dan negara Timur Tengah lainnya.

Dalam buku Sejarah Timur Tengah jilid 2 (2013) karya Isawati, berbagai aksi bakar diri memunculkan gerakan revolusioner untuk melengserkan rezim otoriter di Mesir, Aljazair, Libya, Yaman, Bahrain, dan negara Timur Tengah lainnya.

Meluasnya upaya demokratisasi dan pelengseran rezim otoriter di negara-negara Timur Tengah pada perkembangannya disebut sebagai Arab Spring.

Dampak

Fenomena Arab Spring yang terjadi di beberapa negara Timur Tengah membawa dampak yang besar bagi kondisi politik, sosial dan ekonomi masyarakat internasional. Berikut dampak Arab Spring:

https://www.kompas.com/skola/read/2020/12/05/165128669/politik-arab-spring-di-timur-tengah-2011

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke