Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Memahami Makna Lagu dalam Bahasa Inggris

KOMPAS.com – How to figure out song meaning adalah cara mencari tahu arti lagu dalam bahasa Inggris. Bagaimana cara mencari tahu makna sebuah lagu? Simak penjelasan berikut:

Hampir semua orang sering mendengarkan lagu di kehidupan mereka. Bahkan seringkali orang tergelitik untuk mencari tahu apa makna dari lagu favoritnya. 

Song atau lagu dalam bahasa Inggris, merupakan sebuah karya yang sangat lekat dengan kehidupan kita. Lagu terkadang diciptakan untuk mengungkapkan apa yang dirasakan oleh penulisnya.

Seperti halnya puisi, sebuah lagu mempunyai arti atau makna yang umumnya disampaikan secara implisit atau tersirat.

Apalagi jika lagu tersebut dalam bahasa Inggris. Kita terkadang kesulitan mengartikannya karena perbedaan bahasa dan budaya.

Lalu, tahukah kalian bagaimana cara mengupas arti sebuah lagu? Berikut caranya seperti yang dilansir dari situs WikiHow yang ditulis oleh Tanisha Hall:

  • Mencari lirik lagu dan membacanya sambil mendengarkan lagunya.

Sangat penting untuk mencari lirik lagu dan membacanya sambil mendengarkan lagunya. Lirik lagu bisa kita cari di internet.

Coba dengarkan lagunya sambil membaca liriknya. Coba rasakan lagu tersebut dengan mencocokkan lirik.

Jika kalian tidak memahami lagunya dalam bahasa Inggris, carilah terjemahan lagu yang biasanya juga tersedia di berbagai situs yang membahas musik.

Kalian juga bisa mengartikan lagu tersebut lewat liriknya. Karena lagu biasanya ditulis dengan bahasa yang puitis. Memahami bahasa yang puitis bisa membantu mengetahui makna lagu.

  • Ciptakan gambaran adegan dalam pikiran.

Tidak hanya memahami dengan ide-ide saja, memunculkan visual di pikiran menjadi sebuah adegan bisa membantu kita memahami arti sebuah lagu. Kalian bisa membayangkan di mana tempatnya, bagaimana keadaannya, dan lain-lain.

  • Cari tahu frasa atau bahasa yang puitis satu per satu.

Terkadang ada beberapa frasa yang terdengar kias atau berupa metafora. Coba pahami maksudnya atau cari referensi di berbagai sumber tentang maksud dari frasa atau kalimat yang berupa kiasan tersebut.

  • Gunakan bantuan dari situs sebagai petunjuk.

Beberapa situs yang membahas tentang lagu biasanya dilengkapi dengan catatan mengenai lagu tersebut. Terkadang penulis lagunya sendiri memberikan catatan dari lagu yang ditulisnya.

  • Tidak ada benar atau salah.

Seperti halnya puisi, tidak ada benar atau salah dalam memaknai sebuah lagu. Setiap orang mungkin mempunyai interpretasi yang berbeda ketika mendengar suatu lagu asalkan ada argumen kuat yang mendasarinya.

Begitulah cara mencari arti sebuah lagu.

Jika tidak yakin dengan apa yang kalian pahami dari sebuah lagu, ada baiknya berdiskusi dengan orang lain. Seperti teman, orang yang ahli, atau mengikuti obrolan dengan para penikmat musik atau lagu.

https://www.kompas.com/skola/read/2020/11/26/171500469/memahami-makna-lagu-dalam-bahasa-inggris

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke