Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Replikasi DNA: Teori-Teori Cara Duplikasi DNA

KOMPAS.com - DNA bertugas untuk menurunkan sifat induk kepada turunnya karena DNA memiliki kemampuan replikasi. Replikasi adalah pembentukan DNA baru yang sesuai dengan sifat DNA itu sendiri.

Replikasi DNA dapat dijelaskan oleh tiga teori yaitu teori semi-konservatif, teori konservatif, dan teori dispersif di mana ketiganya mnghasilkan DNA yang sama dengan DNA induknya.

DNA lama disalin untuk membuat DNA baru yang sama persis tanpa mengubah DNA lama, membuat DNA lama tetap bertahan pada replikasi pertama, kedua, dan seterusnya.

Teori Dispersif

Teori dispersif mereplikasi DNA dengan cara memutus rantai DNA asli dan menggabungkannya secara acak dengan DNA baru.

Terlihat pada gambar awal bahwa DNA baru yang terbentuk mengandung potongan potongan DNA lama secara acak. Walaupun potongan DNA lama disebar secara acak, informasi DNA baru akan tetap sama persis dengan DNA lamanya.

Menurut Meselson dan Stahl, untai ganda DNA akan terpisah di mana basa-basa nitrogen tidak saling berhubungan lagi.

Pemisahan basa-basa nitrogen dibantu oleh enzim helikase. Dilansir dari yourgenome.org, setelah basa-basanya trpisah, DNA akan berbentuk seperti huruf Y, satu bagian adalah 3’ atau leading strand dan satu bagiannya lagi 5’ atau lagging strand.

Seperti yang terlihat pada gambar, masing-masing untai DNA lama akan membuat salinannya sendiri. DNA polimerase akan menambahkan basa-basa nitrogen kesepanjang untaian kedua DNA lama.

DNA 5’ kemudian ditambahkan fragmen Okazaki kesetiap untaiannya secara terputus-putus. Setelah semua basa terisi dengan urutan yang benar, DNA baru akan disegel oleh DNA ligase menghasilkan 2 untai DNA baru.

Teori semikonservatif menghasilkan dua turunan DNA yang terdiri atas satu untai lama dan satu untai baru heliks ganda dengan informasi yang sama persis dengan DNA lama.

https://www.kompas.com/skola/read/2020/10/31/141114169/replikasi-dna-teori-teori-cara-duplikasi-dna

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke