Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/07/2023, 18:30 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Cuaca panas bisa berdampak buruk pada tubuh misalnya membuat pusing. Namun bukan hanya soal fisik saja, cuaca yang panas juga dapat menguji emosi seseorang.

Cuaca panas dan lembab diketahui terkait dengan peningkatan agresi dan kekerasan serta dapat memengaruhi suasana hati. Hal itu disampaikan Nancy Molito, asisten profesor psikiatri klinis dan ilmu perilaku di Fakultas Kedokteran Universitas Northwestern.

Lantas, mengapa cuaca panas bisa memengaruhi suasana hati?

Cuaca yang panas dapat berdampak terhadap kesulitan tidur, dehidrasi, dan pembatasan aktivitas sehari-hari untuk menghindari panas terik.

Itu semua menurut Molitor dapat menyebabkan suasana hati yang memburuk. Di sisi lain kurangya kontrol atas situasi tersebut dapat membuat beberapa orang semakin kesal.

Perubahan suasana hati karena pengaruh cuaca yang bisa ditemui, misalnya ketika seseorang berada di kantor atau di jalan, orang mungkin akan sedikit lebih mudah tersinggung ketika cuaca panas.

Jadi jika musim panas membuat cepat marah, Molitor menyarankan untuk menghindari membuat keputusan penting dalam hidup karena Anda bisa mengambil keputusan yang kurang tepat dalam kondisi emosi sehingga berakhir membuat Anda menyesalinya.

Baca juga: Mengapa Anjing Sering Menggigit di Hari Panas dan Berpolusi?

Cuaca panas musiman dan emosi

Dikutip dari Live Science, Rabu (12/7/2023) meski umum untuk merasa sedikit tertekan atau kesal di musim panas, sebagian kecil (sekitar 1 atau 2 persen) orang mengalami Seasonal affect disorder atau gangguan pengaruh musiman (SAD) ketika musim panas.

Selain merasa tidak nyaman dan tertekan, orang dengan kondisi emosi tersebut merasa sangat cemas di musim panas.

Bagi mereka hampir mustahil untuk bertahan dalam kondisi panas dengan sinar matahari.

Periode panas dan kelembaban yang berkepanjangan ini pun dapat menyebabkan peningkatan kasus SAD.

Lebih lanjut, Molitor pun mengungkapkan untuk menjaga emosi saat berada di cuaca panas, fokuslah pada aspek-aspek hidup yang dapat Anda kendalikan.

Namun jangan lupa juga untuk memperhatikan tubuh seperti menjaga untuk tetap terhidrasi di cuaca panas. Jika ingin berolahraga, coba untuk berolahraga di pagi atau sore hari, bukan di tengah hari.

Baca juga: Mengapa Ingin Minum Minuman Manis Saat Cuaca Panas?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com