Kompas.com - 27/05/2023, 09:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Alam semesta adalah tempat yang sangat besar, yang juga dipenuhi oleh hal-hal besar. Ada planet, bintang, galaksi, dan gugusan galaksi memanjang ke atas dalam skala yang semakin masif.

Dilansir dari Live Science, obyek terbesar di alam semesta yang telah diidentifikasi para ilmuwan adalah gugus super galaksi yang disebut Hercules-Corona Borealis Great Wall.

Obyek ini sangat luas sehingga cahaya membutuhkan waktu sekitar 10 miliar tahun untuk bergerak melintasi seluruh strukturnya. Sebagai perbandingan, alam semesta sendiri baru berusia 13,8 miliar tahun.

Apa itu Hercules-Corona Borealis Great Wall?

Dilansir dari Space, saat ini, kandidat terbaik untuk supercluster terbesar yang dikenal di alam semesta adalah Hercules-Corona Borealis Great Wall, meskipun para astronom telah menghabiskan hampir satu dekade memperdebatkan strukturnya.

Baca juga: Seperti Apa Sisa-Sisa Bintang Tertua di Alam Semesta?

Pada tahun 2013, tim peneliti yang dipimpin oleh Istvan Horvath dari National University of Public Service, Hungaria, mengumumkan Hercules-Corona Borealis Great Wall pada Simposium Burst Gamma-Ray Huntsville ke-7.

Para ilmuwan telah mempelajari fenomena kosmik singkat yang dikenal sebagai semburan sinar gamma, yang diyakini para astronom berasal dari supernova atau bintang masif yang meledak di akhir masa hidup mereka. Semburan sinar gamma dianggap sebagai indikasi yang baik di mana massa besar benda berada di alam semesta, karena bintang besar cenderung berkumpul di lingkungan yang lebih padat.

Horvath dan rekan-rekannya menemukan sinar gamma terutama terkonsentrasi sekitar 10 miliar tahun cahaya ke arah konstelasi Hercules dan Corona Borealis.

Namun, bagaimana struktur besar itu muncul adalah suatu teka-teki. Menurut Horvath, struktur ini tampaknya bertentangan dengan prinsip kosmologi atau bagaimana alam semesta terbentuk dan berevolusi.