Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/04/2023, 03:30 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Selama ini kita mengenal bahwa nasi adalah sumber karbohidrat yang penting bagi tubuh, dan kentang adalah jenis sayuran yang biasa diolah sebagai campuran menu makanan bersayur.

Akan tetapi, penting dicatat, bahwa kentang juga merupakan sayuran sehat yang mengandung karbohidrat tinggi.

Tingginya kandungan karbohidrat pada kentang, seringkali jenis sayuran ini dipilih untuk menggantikan nasi dalam menu diet sehat sebagian orang.

Dilansir dari Health Digest, Rabu (12/4/2023), nasi dan kentang adalah makanan pati yang penting karena merupakan sumber energi yang utama bagi tubuh kita.

Pati adalah salah satu bentuk karbohidrat yang dibutuhkan tubuh sebagai energi yang penting untuk sistem saraf, jantung, otak dan organ penting lainnya.

Menurut San Fransisco Chronicle, kentang dan nasi berperan dalam membantu diet penurunan berat badan. Keduanya mengandung nilai gizi yang tinggi dan kalori yang sama.

Lantas, meski keduanya sama-sama mengandung karbohidrat, mana yang lebih sehat antara kentang dan nasi?

Baca juga: Lebih Sehat Mana Nasi Goreng atau Mi Instan untuk Sahur?

Nutrisi sehat kentang lebih unggul dari nasi

Dibandingkan nasi, nutrisi dalam kentang mungkin jauh lebih unggul. Kentang mengandung vitamin B6 yang lebih tinggi, yang dapat membantu tubuh dalam memproduksi sel darah merah dan asam amino.

Dalam seporsi kentang, kandungan vitamin B6 setara dengan setengah dari jumlah konsumsi harian yang diperlukan tubuh. Sementara pada nasi, hanya menyediakan sepertiga vitamin B6 dari kebutuhan harian tubuh.

Selain itu, kentang juga mengandung vitamin C, yang mana nutrisi ini tidak dimiliki oleh nasi. Kentang juga mengandung lebih banyak mineral dibandingkan nasi.

Kandungan mineral pada kentang terdiri dari magnesium, fosfor, dan potasium jika Anda juga mengonsumsi kulitnya.

Cara terbaik mendapatkan nutrisi sehat dari kentang adalah dengan memanggangnya. Kentang yang dipanggang jauh lebih sehat, dan memberikan nutrisi yang optimal bagi tubuh.

Kendati lebih sehat kentang, namun banyak orang mungkin masih lebih menyukai nasi. Hal ini tidak masalah, karena nasi juga masih memberikan banyak nutrisi, terutama mengonsumsi nasi merah dibandingkan nasi putih.

Baca juga: Lebih Sehat Mana Nasi atau Mi Instan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com