Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Apa Kalajengking Laut Raksasa yang Ditemukan di New Mexico?

Kompas.com - 14/02/2023, 09:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber Sci News

KOMPAS.com - Kalajengking laut purba berukuran raksasa pernah hidup di dasar laut Bumi pada 307 dan 303 juta tahun yang lalu.

Para ilmuwan menemukan sisa fosil kalajengking laut raksasa ini di New Mexico, Amerika Serikat. Bernama Hibbertopterus lamsdelli, wujud kalajengking laut ini memiliki panjang 1,1 meter dan hidup selama zaman Kasimovian dari periode Karbon (Carboniferous).

Dikutip dari Science News, Senin (13/2/2023), kalajengking laut raksasa ini diperkirakan hidup di lingkungan seperti muara yang dipengaruhi laut yang dialiri delta sungai.

Makanan kalajengking laut purba ini kemungkinan krustasea kecil, ostracode, conchostracans, larva invertebrata hingga telur gastropoda.

H. lamsdelli termasuk dalam Hibbertopteridae, kelompok arthropoda air yang telah punah dalam Ordo Eurypterida.

"Eurypterids, lebih dikenal sebagai kalajengking laut, beragam (sekitar 250 spesies) artropoda chelicerate akuatik Paleozoikum," kata penulis utama Dr. Simon Braddy dan rekannya.

Baca juga: Seperti Apa Wujud Ikan Misterius yang Ditemukan di Gua China?

Lebih lanjut Braddy mengatakan bahwa, fosil kalajengking laut raksasa ini cukup langka. Tidak seperti eurypterids yang lebih berlimpah secara lokal di Lagerstätten Paleozoikum Amerika dan Eropa.

"Kebanyakan eurypterid dengan kaki belakang yang berubah menjadi dayung renang adalah predator nekto-benthic, dan panjang pterygotid mencapai 2,5 m," imbuhnya.

Selain kalajengkinng laut raksasa ini, bentuk raksasa lainnya termasuk hibbertopterid yang aneh. Selain itu, imbuh Braddy, Stylonurid berbadan lebar dan pemakan sapu ini (tidak memiliki dayung) tumbuh hingga lebih dari 2 meter.

Para peneliti mengatakan hewan-hewan purba ini bukan pemangsa besar, seperti kebanyakan eurypterid. Mata lateral mereka, terletak di atas karapasnya, yang menunjukkan mereka adalah bentik.

Oleh karenanya, peneliti menyimpulkan bahwa tidak mungkin bahwa kalajengking laut raksasa ini akan memakan mangsa yang besar.

Baca juga: Seperti Apa Wujud Penguin Raksasa yang Pernah Hidup di Bumi?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com