Kompas.com - 22/12/2022, 08:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com - Manusia diperkirakan menyimpang dari nenek moyang simpanse sekitar 7 juta tahun yang lalu dan berevolusi menjadi manusia modern seperti sekarang ini.

Namun ternyata dalam sebuah penelitian baru, peneliti menemukan evolusi manusia belum berhenti, yang berarti hingga saat ini manusia masih berevolusi. Hal itu terungkap dari temuan 155 gen baru dari masa lalu evolusi manusia dan beberapa di antaranya unik.

Gen baru yang ditemukan ini juga berukuran kecil, yang dikenal sebagai mikrogen yang muncul dari fragmen DNA. Meski berukuran kecil bukan berarti kemudian gen tersebut tidak berpengaruh pada manusia.

Diperkirakan, gen memiliki signifikasi munculnya penyakit tertentu dan catatan pertumbuhan.

Dikutip dari IFL Science, Rabu (21/12/2022) peneliti dalam studi ini mencari bukti-bukti evolusi pada manusia dengan melihat database gen fungsional yang sudah ada sebelumnya dan menggunakannya untuk membuat pohon evolusi untuk melacak beberapa kelompok vertebrata.

"Proyek ini dimulai pada tahun 2017 karena saya tertarik pada evolusi gen baru dan mencari tahu bagaimana gen ini berasal," kata Nikolaos Vakirlis, ilmuwan dari Biomedical Sciences Research Center di Yunani.