Kompas.com - 22/11/2022, 08:05 WIB

KOMPAS.com - Ilmuwan dari American Bird Conservancy menemukan kembali seekor burung merpati langka yang belum pernah didokumentasikan selama hampir 140 tahun.

Peneliti memasang kamera jebakan di Pulau Fergusson, Papua Nugini. Saat hasilnya diperiksa, mereka menemukan burung merpati bertengkuk hitam langka yang mondar-mandir.

Menurut American Bird Conservancy, merpati tersebut adalah merpati besar yang tinggal di darat dengan ekor lebar dan terkompresi ke samping. Merpati juga hanya hidup di pulau lepas pantai timur Papua Nugini.

Baca juga: Alasan Merpati Mau Terbang Berkelompok, meski Lebih Melelahkan

Dengan begitu, foto serta video tersebut menjadi kali pertama burung merpati didokumentasikan secara ilmiah sejak 1882.

"Melihat gambar merpati itu ibarat menemukan unicorn. Ini adalah momen impian sepanjang hidup sebagai seorang konservasionis dan pengamat burung," kata John C. Mittermeir, Direktur Program Lost Birds di American Bird Conservancy dan salah satu pemimpin ekspedisi.

Seperti dikutipScience Alert, Minggu (20/11/2022), Jordan Boersma, peneliti postdoctoral di Cornell University yang juga tim ekspedisi, mengaku terkejut juga dengan foto burung yang berjalan melewati kamera.

Ia mengatakan, ketika kamera dipasang, ia mengira ada kurang dari satu persen peluang untuk mendapatkan foto burung merpati bertengkuk hitam.

Temuan ini pun menjadi harapan yang luar biasa untuk menemukan burung lain yang telah hilang selama setengah abad atau lebih.

"Selain memberikan harapan pencarian spesies lain yang hilang, informasi terperinci yang dikumpulkan oleh tim telah memberikan dasar untuk konservasi burung yang sangat langka ini dan spesies unik lainnya di Pulau Fergusson.

Sementara itu, ditulis di Phys, hampir tak ada yang diketahui mengenai merpati bertengkuk hitam selain dari dua spesimen yang pernah ditemukan pada tahun 1882.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.