Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikan yang Simpan Anak di Mulut Lakukan Kanibalisme, Studi Jelaskan

Kompas.com - 10/11/2022, 19:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beberapa induk ikan melindungi anak-anak mereka dengan menyimpan di mulutnya. Namun sebuah studi baru mengungkap induk ikan itu tak seratus persen melindungi keturunannya dan disebut telah melakukan kanibalisme.

Beberapa ikan cichlid betina diketahui justru memakan hingga setengah dari anak yang disimpan dalam mulut mereka. Hal itu dilakukan untuk mengurangi beberapa tekanan fisiologis sebagai induk.

Dilansir dari New Scientist, Kamis (10/11/2022) ikan Astatotilapia burtoni betina, spesies dalam keluarga cichlid, tak berburu atau mencari makan selama dua minggu saat mereka menyimpan telur atau anak ikan di mulut mereka.

Itu menyebabkan penurunan berat badan, penurunan kekebalan, penuaan lebih cepat, dan peluang reproduksi yang lebih rendah.

 

Akan tetapi dengan mengonsumsi hingga setengah anaknya, induk ikan ini memperoleh nutrisi yang dibutuhkan untuk mengatasi beberapa kesulitan tersebut.

Baca juga: Apa Makanan Ikan Arapaima gigas?

"Ikan betina mendapatkan sesuatu dari memakan anak-anaknya. Tidak hanya dalam hal untuk kondisi tubuh, tetapi bahkan bagi sesuatu yang berpotensi meningkatkan kesehatan mereka," kata Peter Dijkstra dari Central Michigan University.

Dalam studi baru ini, Dijkstra dan Jake Sawicki di Michigan State University mengamati 31 ikan A. burtoni betina yang mengerami dan 32 betina yang telurnya mereka buang.

Hasilnya, peneliti menemukan semua induk ikan yang mengerami memiliki sedikit anak ikan pada akhir periode dua minggu setelah mereka mengerami atau hingga 60 persen ikan muda yang menghilang.

Hal ini menunjukkan bahwa ikan-ikan tersebut telah mengkanibal anak-anaknya. Jumlah anak atau telur yang hilang sangat bervariasi dari satu betina ke betina lainnya.

"Mereka bisa saja menjatuhkannya, tetapi saya mengamati mereka setiap hari selama berjam-jam dan tak pernah melihat itu terjadi. Induk ikan menutup mulut mereka rapat-rapat," papar Sawicki.

Baca juga: Apakah Ikan Pari Berbahaya bagi Manusia?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com