Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RS Pondok Indah Group

RS Pondok Indah Group adalah grup rumah sakit swasta yang mengelola tiga rumah sakit, yakni RS Pondok Indah - Pondok Indah, RS Pondok Indah - Puri Indah, dan RS Pondok Indah - Bintaro Jaya. Ketiga rumah sakit ini didukung para dokter ahli dari berbagai disiplin ilmu serta mengadopsi teknologi medis terkini untuk memberikan pelayanan kesehatan yang prima dan terdepan.

Bagaimana Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi?

Kompas.com - 11/09/2022, 18:29 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini
Baru Jadi Ortu

Waswas soal tumbuh kembang si kecil?

Sigap konsultasi ke dokter anak via Kompas.com

KOMPAS.com - Hidung tersumbat terjadi ketika pembuluh darah dan jaringan di rongga hidung terisi terlalu banyak cairan.

Kondisi ini membuat bayi merasa tidak nyaman, bahkan hingga sulit tidur, karena merasa sesak.

Selain infeksi virus atau bakteri, alergi juga bisa menjadi penyebab hidung tersumbat pada bayi.

Baca juga: 6 Penyebab Hidung Tersumbat pada Bayi

Lalu, bagaimana mengatasi hidung tersumbat pada bayi?

Menurut dr Yovita Ananta, Sp.A, MHSM, IBCLC, dokter spesialis anak konselor laktasi RS Pondok Indah, untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi, dapat dibantu dengan memberikan asupan cairan yang cukup.

"Kemudian mengecilkan suhu pendingin ruangan atau air conditioner (AC), serta meneteskan atau menyemprotkan larutan garam steril ke hidung bayi (cuci hidung)," kata dr Yovita.

dr. Yovita Ananta, Sp.A, MHSM, IBCLC, Dokter Spesialis Anak Konsultan Laktasi RS Pondok Indah.dok. RSPI dr. Yovita Ananta, Sp.A, MHSM, IBCLC, Dokter Spesialis Anak Konsultan Laktasi RS Pondok Indah.

Ia menekankan, untuk tidak menyedot lendir pada hidung bayi dengan mulut orangtua, karena dapat memindahkan bakteri dalam mulut orangtua ke dalam hidung bayi.

“Sebaiknya orangtua membersihkan atau menyedot lendir bayi dengan alat khusus, jangan pakai mulut,” ujar dr Yovita.

Selain itu, dr Yovita juga mengingatkan untuk tidak memberikan obat pilek kepada bayi, tanpa berkonsultasi dengan dokter spesialis anak terlebih dahulu.

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Secara Alami

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com