Kompas.com - 09/09/2022, 20:05 WIB

KOMPAS.com - Keledai telah menjadi bagian dari kehidupan manusia, mulai dari sumber tenaga untuk pertanian dan transportasi di daerah yang terkadang sulit dijangkau.

Tapi bagaimana asal mula hewan tersebut hingga akhirnya dapat membantu manusia?

Untuk mengetahuinya, tim Pusat Antrobiologi dan Genomik Toulouse (CNRS/ Université Toulouse 3 Paul Sabatier) dan ilmuwan dari 37 laboratorium di seluruh dunia bekerja sama untuk memahami sejarah domestikasi keledai.

Baca juga: Selain Angkut Barang, Keledai Dipakai Bangsawan China untuk Main Polo

Mereka, seperti dikutip dari Phys, Jumat (9/9/2022) membangun dan menganalisis panel genom terlengkap yang pernah dipelajari dari keledai.

Panel tersebut berisi genom 207 keledai kontemporer yang hidup di semua benua, serta 31 keledai awal dan 15 equid liar.

Studi yang kemudian dipublikasikan di Science ini kemudian mengungkap, bahwa keledai pertama kali dijinakkan di Afrika pada 5.000 SM, sekitar waktu ketika Sahara menjadi wilayah gurun yang kita kenal sekarang.

Hanya 2.500 tahun kemudian keledai lantas meninggalkan tempat asalnya di Afrika dan mencapai Eropa dan Asia, di mana spesies ini kemudian mengembangkan garis keturunan yang masih bisa ditemui sampai sekarang.

Dengan menganalisis sisa-sisa arkeologi, peneliti juga menemukan bukti garis keturunan genetik keledai yang sebelumnya tak diketahui yang hidup di Levant 2.000 tahun yang lalu.