Kompas.com - 09/09/2022, 16:03 WIB

KOMPAS.com - Sebelumnya, bukti tertua adanya operasi amputasi pada manusia zaman prasejarah ditemukan pada kerangka berumur 7.000 tahun dalam penelitian arkeologi di wilayah Eurasia dan Amerika.

Namun, penelitian arkeologi terbaru di daerah Liang Tebo, Kalimantan Timur menemukan bukti proses amputasi yang jauh lebih awal, yaitu pada kerangka manusia prasejarah berusia 31.000 tahun.

Baca juga: Sejarah Operasi Pertama di Dunia, Dilakukan Tanpa Anestesi

Berikut fakta-fakta terkait penemuan bukti operasi amputasi tertua yang ditemukan di Liang Tebo.

1. Terungkap pada 2020 di Sangkulirang-Mangkalihat

Diungkap Profesor Maxime 'Max' Aubert dari Griffith Centre for Social and Cultural Research, salah satu pemimpin proyek penelitian ini, kerangka manusia prasejarah berusia 31.000 tahun tersebut ditemukan saat penggalian arkeologi pada tahun 2020 di sebuah gua batu kapur di Sangkulirang-Mangkalihat, Kalimantan Timur.

Sebuah tempat sangat terpencil, yang hanya bisa diakses dengan perahu di waktu-waktu tertentu.

2. Kehilangan kaki kiri dan tungkai bawah

Dalam proses ekskavasi, tim arkeolog yang terdiri dari peneliti Griffith, Dr. Tim Maloney, bersama dengan Dr. India Ella Dilkes-Hall dari University of Western Australia, dan Andika Priyatno dari Balai Pelestarian Cagar Budaya menemukan kerangka manusia yang tidak lengkap.

Kerangka manusia prasejarah tersebut kehilangan bagian kaki kiri dan tungkai bawahnya.

3. Hasil analisis menunjukkan adanya proses amputasi

Hasil analisis ahli paleopatologi, Dr. Melandri Vlok dari University of Sydney menunjukkan bahwa anggota badan yang hilang itu karena telah diamputasi melalui pembedahan dan tidak menunjukkan adanya infeksi.

Amputasi kemungkinan dilakukan beberapa tahun sebelumnya, ketika individu tersebut masih anak-anak.

Menurutnya, sangat tidak disangka bahwa pemburu purba dapat selamat dari operasi yang sangat serius, yang bisa mengancam jiwa, bahkan bekas lukanya telah tertutup dengan baik.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.