Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/09/2022, 09:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Aspirin adalah obat umum yang dapat diperoleh tanpa resep dokter. Obat ini biasanya dipakai untuk mengatasi penyakit ringan seperti sakit kepala atau demam.

Aspirin juga merupakann obat yang biasanya digunakan sebagai penghilang rasa sakit dan pembengkakan, serta mengurangi risiko kardiovaskular pada orang yang berisiko tinggi.

Menurut Medical News Today, ada beberapa kegunaan dan manfaat aspirin yang tak sekadar dipakai untuk obat sakit kepala.

Manfaat obat aspirin untuk penyakit ringan

Aspirin bermanfaat mengatasi nyeri dan bengkak. Obat ini juga dapat meredakan nyeri ringan hingga sedang, pembengkakan atau berbagai keluhan terkait dengan banyak masalah kesehatan.

Obat aspirin juga bisa untuk mengatasi masalah penyakit-penyakit berikut.

  1. Sakit kepala
  2. Pilek atau flu
  3. Kram perut karena menstruasi
  4. Radang sendi
  5. Migrain
  6. Keseleo

Baca juga: Obat Apa Itu Aspirin?

Sedangkan untuk kondisi penyakit yang lebih parah, penggunaan aspirin dengan obat lain akan direkomendasikan oleh dokter.

Di antaranya seperti penggunaan dengan obat pereda nyeri opioid atau NSAID lainnya.

Manfaat aspirin lainnya adalah dapat mencegah kejadian kardiovaskular.

Penggunaan aspirin dosis rendah setiap hari, akan dapat menurunkan risiko kejadian penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung, tentunya pada beberapa orang berisiko tinggi mengalaminya.

Kendati demikian, Food and Drug Administration (FDA) hanya merekomendasikan penggunaan aspirin untuk mencegah kardiovaskular ini dengan pengawasan dokter.

Untuk diketahui, aspirin adalah obat anti peradangan nonsteroid (NSAID). Obat ini merupakan obat pertama yang ditemukan untuk kelas obat anti inflamasi.

Obat aspirin memiliki kandungan salisilat yang merupakan senyawa yang umumnya terdapat pada tanaman seperti pohon willow.

Bahkan, penggunaan senyawa salisilat yang terkandung dalam aspirin ini telah digunakan Hippocrates pada 4.000 tahun yang lalu sebagai obat untuk menghilangkan rasa sakit dan demam.

Baca juga: Aspirin Obat Sakit Kepala Sepanjang Abad

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com