Kompas.com - 02/09/2022, 11:03 WIB

KOMPAS.com - Dunia dihantam oleh gelombang infeksi penyakit menular Covid-19 yang disebabkan oleh SARS-CoV-2 atau virus corona, setelah virus yang diyakini berasal dari hewan ini melompat ke manusia.

Virus corona penyebab Covid-19 telah menyebabkan pandemi global, yang sempat meluluhlantakkan sistem kesehatan dan perekonomian dunia.

Penyakit akibat virus corona menyerang sistem pernapasan manusia. Kemudahannya menyebar antar manusia, membuat penyakit ini dengan gampangnya meluas, termasuk di Indonesia.

Baca juga: Terinfeksi Influenza dan Virus Corona Bersamaan, Apa Efek Florona pada Tubuh?

Kapan virus corona pertama kali masuk Indonesia?

Kasus Covid-19, pertama kali terdeteksi di Wuhan, China pada akhir Desember 2019. Penyakit tersebut dengan mudah menyebar ke seluruh bagian negara, bahkan negara-negara lain.

Hanya berselang beberapa bulan, pemerintah Indonesia melalui Presiden Joko Widodo (Jokowi), secara resmi mengumumkan adanya pasien pertama yang terinfeksi virus corona pada 2 Maret 2020.

Pengumuman pasien pertama ini, mengartikan bahwa virus corona telah resmi masuk di wilayah Indonesia.

Saat itu, pada hari Senin, 2 Maret 2020, Jowoki mengumumkan dua kasus pertama Covid-19, yang merupakan seorang ibu berusia 64 tahun dan putrinya yang berusia 31 tahun.

Diketahui bahwa kedua pasien ini tinggal di Depok, Jawa Barat. Salah satu dari kedua orang tersebut memiliki riwayat kontak dengan orang Jepang, yang ternyata positif terinfeksi Covid-19.

Baca juga: Virus Corona Bisa Bertahan Hidup Selama 30 Hari di Makanan Beku, Studi Jelaskan

Dikutip dari Kompas.com, 22 Maret 2022, penyebaran virus corona semakin luas, kasus ketiga dan keempat yang mempunyai riwayat kontak dengan kasus sebelumnya diumumkan pada 6 Maret 2022.

Sejak saat itu, perkembangan kasus Covid-19 di Tanah Air diumumkan setiap harinya, termasuk kasus kematian yang terjadi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.