Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Terkini, Subduksi Megathrust Sebabkan Gempa M 5,9 di Mentawai

Kompas.com - 29/08/2022, 10:20 WIB
Mela Arnani,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gempa bumi tektonik berkekuatan 5,9 magnitudo mengguncang wilayah Pantai Barat Laut Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Gempa terkini hari ini, Senin (29/8/2022) pukul 05.34 WIB, berasal dari aktivitas subduksi zona megathrust Lempeng Mentawai-Siberut. 

Analisis gempa Mentawai hari ini, Plt. Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan, hasil analisis menunjukkan gempa hari ini mempunyai parameter update dengan magnitudo 5,8.

Pusat gempa bumi di wilayah Mentawai ini bermagnitudo cukup signifikan ini berada di laut dengan kedalaman 16 km. Meski begitu, hasil pemodelan tidak menunjukkan gempa bumi memicu gelombang tsunami.

"Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1,04 derajat LS dan 98,55 derajat BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 3 km arah barat Laut Siberut Barat, Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat pada kedalaman 16 km," ujar dia saat dihubungi Kompas.com, Senin (29/8/2022).

Baca juga: Gempa Terkini Guncang Nias Selatan Hari Ini, Berkekuatan M 5,1 Berpusat di Zona Megathrust Batu

Ia menambahkan, gempa bumi hari ini di Mentawai akibat subduksi di zona megathrust yang terjadi tersebut berjenis gempa dangkal. Hal tersebut berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya.

Adapun gempa terjadi akibat adanya aktivitas subduksi lempeng segmen megathrust Mentawai-Siberut.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," jelas Daryono.

Hasil monitoring gempa terkini BMKG hingga pukul 06.20 WIB, terkait gempa Mentawai akibat subduksi megathrust Mentawai-Siberut ini menunjukkan adanya satu gempa susulan dengan kekuatan 3,8 magnitudo.

Baca juga: Gempa Terkini: Gempa Gunungkidul Yogyakarta dan Pacitan M 4,9 Bukan Megathrust

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com