Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Terkini Guncang Nias Selatan Hari Ini, Berkekuatan M 5,1 Berpusat di Zona Megathrust Batu

Kompas.com - 22/07/2022, 10:15 WIB
Mela Arnani,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gempa bumi tektonik kembali terjadi di Indonesia. Gempa terkini hari ini, Jumat (22/7/2022) mengguncang wilayah Nias Selatan pada pukul 04.41 WIB.

Koordinator Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono menyampaikan, hasil analisis yang dilakukan menunjukkan gempa ini memiliki parameter update dengan magnitudo 4,9 dari sebelumnya bermagnitudo 5,1.

"Episenter gempa terletak pada koordinat 0,19 derajat LS-98,32 derajat BT, tepatnya di luat dengan kedalaman 20 km," ujar Daryono saat dihubungi Kompas.com, Jumat (22/7/2022).

Baca juga: Gempa Terkini M 6,9 Guncang Pantai Nias Selatan, 4 Kali Susulan Terasa hingga Padang

Lebih lanjut, gempa hari ini yang terjadi di Nias merupakan gempa dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menujam ke bawah lempeng Eurasia.

Tepatnya, gempa bumi Nias Selatan berpusat di zona magathrust Kepulauan Batu yang mempunyai magnitudo tertarget mencapai 7,8.

Berdasarkan hasil analisis gempa bumi Nias Selatan hari ini dari BMKG, mekanisme sumber menunjukkan gempa ini memiliki mekanisme sumber kombinasi pergerakan geser dan naik (oblique thrust fault).

Gempa Nias tidak berpotensi tsunami

Daryono menambahkan, gempa bumi dirasakan di Nias Selatan khususnya wilayah Kepulauan Batu dengan skala intensitas mencapai III-IV MMI, artinya guncangan dirasakan oleh orang banyak sangat kuat hingga banyak warga lari berhamburan keluar rumah.

Baca juga: Gempa Terkini Guncang Nias Terasa hingga Padang dan Pasaman Barat

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com