Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Terkini M 5,5 Guncang Laut Flores Sudah 3 Kali Susulan

Kompas.com - 23/07/2022, 15:00 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Gempa terkini M 5,5 mengguncang wilayah Laut Flores hari ini pada pukul 13.09 WIB, Sabtu (23/7/2022).

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M 5,4.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno M.Si mengatakan, episenter gempa bumi ini terletak pada koordinat 7,65° LS ; 122,43° BT.

Lokasi tepatnya berada di laut pada jarak 94 Km Barat Laut Larantuka, Nusa Tenggara Timur pada kedalaman 11 Km.

Bambang menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif di Laut Flores

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip)," kata Bambang dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (24/7/2022).

Baca juga: Gempa Terkini: M 5,8 Guncang Laut Flores Terasa hingga Labuan Bajo, Sudah 2 Kali Susulan

Kendati berpusat di laut, hasil pemodelan BMKG menunjukkan bahwa gempa hari ini di Laut Flores tidak berpotensi tsunami.

Namun demikian, gempa Flores ini berdampak dan dirasakan di daerah Ende, Maumere dengan skala intensitas II MMI - III, di mana getaran dirasakan oleh beberapa orang, dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Sementara itu, daerah Larantuka, Lewoleba, Adonara, Mbay-Nagekeo juga merasakan getaran akibat guncangan gempa bumi ini dengan skala intensitas III MMI, di mana getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan akan truk berlalu.

Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

Upayakan agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. 

Serta, periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.

Hasil monitoring BMKG terhadap gempa Flores hari ini hingga pukul 13.50 WIB menunjukkan adanya 3 kali aktivitas gempa susulan atau aftershock dengan magnitudo terbesar M 4,5.

Baca juga: Gempa Terkini: Laut Banda Diguncang Gempa M 7,3, Terasa hingga Sorong dan Australia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com