Kompas.com - 14/08/2022, 10:05 WIB

KOMPAS.com - Para ilmuwan menemukan bentangan ventilasi hidrotermal yang menjulang tinggi muncul di kedalaman Pasifik.

Bidang ventilasi yang baru ditemukan ini terletak sekitar 321 km di lepas pantai Meksiko barat, East Pacific Rise, seperti rangkaian gunung berapi bawah laut yang membentang hampir dari Teluk California hingga Antartika.

Ilmuwan mengirimkan robot ke dalam air sekitar 2,5 kilometer di bawah permukaan, dan menemukan ventilasi hidrotermal sebesar lapangan sepakbola yang menjulang tinggi.

Penelitian yang telah diterbitkan di jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences pada 21 Juli lalu menemukan, bahwa ventilasi berbentuk seperti tempat lilin, berdiri sekitar 10-12 meter atau setinggi bangunan tiga lantai.

Baca juga: Pesawat Ruang Angkasa Kargo China Deorbit, Mungkin Jatuh di Samudra Pasifik

Letusan gunung berapi di lokasi

Tim peneliti dari Universitas Lehigh menyampaikan, struktur yang mencolok ini menyemburkan gumpalan berwarna hitam.

Gumpalan tersebut terdiri dari air berisi mineral dengan suhu mencapai 368 derajat celcius, bahkan kemungkinan air berada pada suhu yang lebih tinggi mencapai 437 derajat celcius.

Suhu tinggi ini mengisyaratkan letusan gunung berapi dapat terjadi di lokasi tersebut dalam beberapa tahun ke depan.

“Kami terkejut bahwa tidak hanya bidang ini yang sangat aktif, tapi juga lebih luas dan suhu asalnya lebih panas daripada bidang ventilasi hidrotermal lainnya yang dikenal di sepanjang bagian East Pacific Rise yang telah dipelajari selama 30 tahun terakhir,” ujar seorang ahli geologi kelautan di Woods Hole Oceanographic Institution di Massachusetts Daniel Fornari seperti dikutip dari Live Science, Sabtu (13/8/2022).

Baca juga: NASA Abadikan Letusan Gunung Berapi Bawah Laut Aktif di Samudra Pasifik, Seperti Apa?

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.