Kompas.com - 28/05/2022, 10:02 WIB

KOMPAS.com - NASA merilis gambar satelit gunung berapi bawah laut yang meletus, Gunung Kavachi. Letusan gunung berapi bawah laut ini berhasil diabadikan lewat citra satelit NASA. 

Gunung berapi bawah laut aktif di Kepulauan Solomon ini telah lama dikenal menjadi rumah bagi para hiu.

Dalam beberapa bulan terakhir, citra satelit NASA mendeteksi gumpalan air yang berubah warna di atas gunung berapi tersebut.

Ini menandakan aktivitas gunung berapi yang mengisyaratkan beberapa letusan.

Menurut Program Vulkanisme Global Smithsonian, gambar-gambar tersebut ditangkap oleh Operational Land Imager-2 (OLI-2) di atas satelit Landsat-9 pada 14 Mei 2022.

Baca juga: Letusan Gunung Berapi Tonga Resmi Jadi yang Terbesar di Abad 21

Dilansir dari CNN Internasional, Jumat (27/5/2022), gunung berapi Kavachi di Kepulauan Solomon menjadi salah satu gunung berapi bawah laut paling aktif di Pasifik, dan letusan gunung berapi ini baru saja diabadikan oleh satelit NASA. 

Lokasi gunung berapi bawah laut ini terletak sekitar 24 kilometer selatan Pulau Vangunu.

Gunung api ini menjadi salah satu dari 900-an pulau yang terbentuk di daerah tektonik aktif dan membentuk Kepulauan Solomon.

Puncak Kavachi terletak sekitar 65 kaki (20 meter) di bawah permukaan laut, dengan dasarnya menyebar di dasar laut pada kedalaman 1,2 kilometer.

Letusan gunung Kavachi

Berdasarkan analisis foto yang diabadikan NASA, Live Science menuliskan, para peneliti melihat perubahan warna air di atas gunung berapi pada bulan April dan Mei, dan kemungkinan gunung berapi ini mulai meletus awal Oktober lalu.

Baca juga: Letusan Gunung Berapi Bawah Laut Tonga Pecahkan Dua Rekor, Apa saja?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.