Kompas.com - 07/07/2022, 08:00 WIB
Mela Arnani,
Shierine Wangsa Wibawa

Sumber space.com

KOMPAS.com - Ilmuwan berhasil menemukan jenis kristal yang belum pernah tercatat sebelumnya, tersembunyi dalam butriran kecil debu meteroit yang diawetkan dengan sempurna.

Debu itu ditinggalkan oleh batu luar angkasa besar yang meledak di atas Chelyabinsk, Rusia, sembilan tahun lalu.

Pada 15 Februari 2013, sebuah asteroid berukuran 18 meter dan berat 11.000 metrik ton memasuki atmosfer Bumi dengan kecepatan sekitar 66.950 kilometer per jam.

Untungnya, meteor tersebut meledak sekitar 23,3 kilometer di atas Kota Chelyabinsk di Rusia Selatan, menghujani daerah sekitarnya dengan meteorit kecil dan menghindari tabrakan tunggal kolosal dengan permukaan bumi.

Baca juga: Mesosfer, Lapisan yang Melindungi Bumi dari Meteor yang Jatuh

Saat peristiwa itu terjadi, para ahli menggambarkannya sebagai peringatan besar mengenai bahaya yang bisa ditimbulkan asteroid bagi planet ini, dikarenakan ledakan meteor Chelyabinsk menjadi yang terbesar dari jenisnya di atmosfer bumi sejak peristiwa Tunguska 1908.

Menurut NASA, ledakan tersebut memiliki kekuatan 30 kali lebih besar dari bom atom yang mengguncang Hiroshima.

Rekaman video menunjukkan, batu ruang angkasa terbakar dalam kilatan cahaya yang lebih terang dari matahari, sebelum menciptakan ledakan sonik kuat yang memecahkan kaca, merusak bangunan, dan melukai sekitar 1.200 orang di kota di bawahnya.

Dalam sebuah studi baru, para peneliti menganalisis beberapa fragmen kecil batuan luar angkasa yang tertinggal setelah meteor meledak, dikenal sebagai debu meteorit.