Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukti Kebakaran Hutan Tertua di Dunia Ditemukan, Berusia 430 Juta Tahun

Kompas.com - 22/06/2022, 09:03 WIB
Monika Novena,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kebakaran hutan menjadi salah satu bencana alam yang memiliki dampak luar biasa bagi semua mahluk hidup.

Tak hanya terjadi di masa modern, kebakaran hutan nyatanya juga terjadi ratusan juta tahun lalu, bahkan tanpa pengaruh manusia.

Dan kini dalam sebuah studi, ilmuwan berhasil melacak bukti kebakaran hutan pertama di dunia.

Bukti itu didapat berkat deposit arang hasil kebakaran hutan berusia 430 juta tahun yang berasal dari Wales dan Polandia. Temuan arang ini pun menjadi bukti kebakaran hutan paling awal yang pernah tercatat.

Baca juga: Studi Fosil Daun Ungkap Rupa Hutan Kalimantan di Masa Lalu

Seperti dikutip dari Science Daily, Senin (20/6/2022) Ian Glasspool, penulis utama studi ini menjelaskan bahwa kebakaran hutan bisa terjadi bila terdapat 3 unsur penting, yaitu bahan bakar (tanaman), sumber api (sambaran petir), dan oksigen yang cukup untuk membakar.

"Tampaknya sekarang bukti kebakaran kami bertepatan dengan bukti kami mengenai makrofosil tanaman darat paling awal. Jadi begitu ada bahan bakar, setidaknya dalam bentuk makrofosil tanaman, kebakaran hutan dapat terjadi dalam sekejap," kata Glasspool.

Namun jenis tanaman yang ada 430 juta tahun lalu atau selama periode Silur itu, terlihat sangat berbeda dari tanaman yang kita lihat dan kenal sekarang.

Alih-alih rerumputan, pohon, dan bunga, tumbuhan yang bisa ditemukan adalah vegetasi pendek setinggi pingang atau lutut yang menutupi sebagian besar lanskap.

Selain itu juga terdapat jamur purba Prototaxites yang dapat tumbuh setinggi hampir 9 meter, menjulang di atas lanskap.

Tumbuhan Silurian ini akan sangat bergantung pada air untuk reproduksinya dan kemungkinan besar tak akan ditemukan di daerah kering.

"Lanskap Silur harus memiliki vegetasi yang cukup untuk membuat kebakaran dan meninggalkan catatan kebakaran hutan itu. Saat kami mengambil sampel, ada cukup biomassa di sekitar untuk dapat memberi kami catatan kebakaran hutan yang dapat kami identifikasi dan gunakan menentukan vegetasi serta prosesnya," jelas rekan penulis Robert Gastaldo.

Baca juga: Kebakaran Hutan Pernah Landa Antartika 75 Juta Tahun Lalu, Ini Buktinya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com