Asteroid Berukuran 3 Kali Besar Paus Biru Melintasi Bumi Hari Ini

Kompas.com - 06/06/2022, 10:05 WIB
Ellyvon Pranita,
Bestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Sebuah asteroid yang berukuran tiga kali lebih besar dari paus biru akan meluncur atau melintas lewat dekat Bumi hari ini, 6 Juni 2022.

Dilansir dari Live Science, (2/6/2022), NASA melaporkan asteroid bernama 2021 GT2 ini akan melintas dengan kecepatan lebih dari 16.000 mph atau 26.000 km/jam.

Asteroid ini akan lewat di dekat Bumi hari ini dalam jarak lebih dari 2,2 juta mil atau 3,5 juta kilometer. Jarak ini setara dengan kira-kira 10 kali jarak rata-rata Bumi dan bulan.

Baca juga: Asteroid Raksasa Lintasi Bumi Hari Ini, Apakah Terlihat dari Indonesia?

Asteroid yang baru ditemukan oleh para astronom pada tahun 2021 lalu ini, diperikirakan memiliki ukuran antara 37 hingga 83 meter, yang hampir serupa dengan besarnya 1-3 ekor ikan paus biru.

Seperti yang diketahui, bahwa ikan paus biru (Balaenoptera Musculus) merupakan mamalia dan hewan terbesar di dunia yang masih bisa dijumpai sampai sekarang.

Paus biru menjadi mamalia laut terbesar di dunia yang satu ekornya memiliki ukuran yang bisa mencapai 33 meter dengan berat hingga 181 ton lebih.

Asteroid 2021 GT2 adalah asteroid kelas Aten, yang berarti ia mengorbit matahari lebih dekat daripada Bumi yakni setiap 342 hari sekali.

Lebih dari 1.800 asteroid dalam kategori itu sebenarnya banyak sekali yang dimasukkan ke dalam asteroid berpotensi berbahaya.

Akan tetapi, meskipun masuk dalam kelas Aten dan memiliki ukuran tiga kali lebih besar dari paus biru, para astronom menyebutkan asteroid 2021 GT2 ini masih belum cukup besar untuk dianggap sebagai asteroid yang berpotensi berbahaya bagi Bumi.

Setelah hari ini, 6 Juni 2022, asteroid 2021 GT2 juga masih akan lewat atau melintas dekat Bumi pada masa yang akan datang yakni 26 Januari 2034.

Pada saat itu, asteroid ini akan melintas dalam jarak 9 juta mil atau 14,5 juta kilometer dari planet Bumi.

Ini artinya, lintasan asteroid 2021 GT2 lewat dekat bumi pada 26 Januari 2034 nanti akan lebih jauh daripada lintasannya hari ini.

Baca juga: Asteroid Sebesar Empat Kali Gedung Empire State Melesat ke Arah Bumi pada 27 Mei 2022